Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kurang dari Sepekan, Taliban Rebut Delapan Provinsi di Afghanistan

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 11 Agustus 2021, 13:48 WIB
Kurang dari Sepekan, Taliban Rebut Delapan Provinsi di Afghanistan
Pengungsi internal dari provinsi utara Afghanistan meninggalkan rumah mereka karena pertempuran antara Taliban dan personel keamanan Afghanistan/AP
Kelompok militan Taliban berhasil menguasai kota Faizabad yang merupakan ibukota provinsi Badakhshan pada Rabu (Rabu, 11/8). Dengan demikian, ini adalah ibukota provinsi kedelapan yang diduduki oleh Taliban di Afghanistan dalam kurun waktu enam hari terakhir.

Menurut keterangan anggota dewan provinsi dari Badakhshan, yakni Jawad Mujadidi, pendudukan Faizabad terjadi setelah pertempuran panjang yang memaksa pasukan pemerintah mundur ke distrik tetangga.

Dia menjelaskan, militan Taliban telah mengambil sebagian besar provinsi dan mengepung Faizabad sebelum melancarkan serangan pada hari Selasa (10/8).

Provinsi Badakhshan sendiri terletak di timur laut jauh berbatasan dengan Tajikistan, Pakistan, dan China.

Perebutan kota itu menjadi kemunduran terbaru bagi pemerintah fghanistan yang berjuang untuk membendung momentum serangan Taliban dalam beberapa bulan terakhir, tepatnya pasca Amerika Serikat menarik mundur pasukannya.

Kini, dengan manuver dan serangan yang semakin agresif, menurut keterangan pejabat uni ropa, sebagaimana dikabarkan Reuters, pasukan Taliban sekarang menguasai 65 persen wilayah Afghanistan.

Sejauh ini Taliban telah merebut atau mengancam untuk merebut 11 ibu kota provinsi dan berusaha untuk mencabut dukungan tradisional pasukan Afghanistan di wilayah utara.

Padahal bagian utara Afghanistan selama bertahun-tahun adalah wilayah Afghanistan yang paling damai, dengan hanya sedikit kehadiran Taliban.

Bahkan selama pemerintahan mereka tahun 1996 hingga 2001, Taliban tidak pernah sepenuhnya mengendalikan wilayah utara. Namun kali ini mereka tampaknya berniat mengamankan wilayah itu sebelum mendekati ibu kota.

ARTIKEL LAINNYA