Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tiba di Maroko, Menlu Israel akan Hadiri Pembukaan Kantor Perwakilan Diplomatik

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 12 Agustus 2021, 09:12 WIB
Tiba di Maroko, Menlu Israel akan Hadiri Pembukaan Kantor Perwakilan Diplomatik
Menteri Luar Negeri Yair Lapid /Net
Menteri Luar Negeri Yair Lapid dilaporkan telah tiba di Maroko pada Rabu (11/8) waktu setempat, menandai kunjungan pertama seorang pejabat senior dari negara Yahudi itu sejak kedua negara sepakat melakukan normalisasi hubungan.

Setibanya di Maroko, Lapid diperkirakan akan menggelar pertemuan bersama rekannya Menteri Luar Negeri Nasser Bourita, dan membuka perwakilan diplomatik pada Kamis (12/8) di ibukota Rabat.

"Kami telah mendarat di Maroko. Bangga mewakili Israel selama kunjungan bersejarah ini," tulis Lapid di Twitter saat penerbangannya yang dioperasikan oleh maskapai nasional Israel El Al tiba, seperti dikutip dari Al-Arabiya.

Delegasi Israel diperkirakan akan mengunjungi makam kerajaan tempat raja Hassan II dan Mohammed V dimakamkan, sebelum pertemuan bilateral antara Lapid dan Bourita.

Lapid juga diperkirakan akan mengunjungi sinagoge Beth-El di Casablanca dalam kunjungan dua harinya, kata kementerian luar negeri Israel.

Negara Afrika Utara itu menampung komunitas Yahudi terbesar di dunia Arab yang berjumlah sekitar 3.000 orang.

Israel dan Maroko menormalkan hubungan tahun lalu setelah presiden AS saat itu Donald Trump mengakui kedaulatan Maroko yang diperebutkan di Sahara Barat.

Maroko menjadi negara Arab keempat yang menjalin hubungan dengan Israel tahun lalu setelah Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan.

Kunjungan Lapid ke Rabat mengikuti perjalanan bulan Juni ke Uni Emirat Arab, di mana ia meresmikan kedutaan baru Israel di Abu Dhabi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA