Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bandara Internasional Qingdao Jiaodong China Resmi Beroperasi, Mampu Tampung Airbus A380

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 12 Agustus 2021, 16:47 WIB
Bandara Internasional Qingdao Jiaodong China Resmi Beroperasi, Mampu Tampung Airbus A380
Bandara Qingdao Jiaodong/Net
rmol news logo China resmikan Bandara Internasional Qingdao Jiaodong di Provinsi Shandong, China timur, dan telah beroperasi mulai hari ini Kamis (12/8) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam keterangannya, Grup Bandara Qingdao mengatakan bandara baru tersebut menempati peringkat 4F, level tertinggi di kelas bandara China yang mampu menangani pesawat besar, termasuk Airbus A380, pesawat penumpang terbesar di dunia.

Dengan mulai beroperasinya bandara tersebut, Bandara Internasional Liuting resmi ditutup.

Xinhua melaporkan, tahap pertama yang selesai dari bandara baru mencakup 16,25 km persegi, dengan total investasi hampir 36,04 miliar yuan (sekitar 5,56 miliar dolar AS).

Bandara ini diharapkan dapat menangani throughput penumpang tahunan sebesar 35 juta, throughput kargo sebesar 500.000 ton, dan 300.000 lepas landas dan mendarat pesawat pada tahun 2025.

Bandara ini akan menghubungkan Qingdao dengan sekitar 130 tujuan domestik, termasuk sebagian besar kota dan wilayah utama China. Rute udara internasional dan regional akan menghubungkan Qingdao dengan sekitar 50 kota besar di luar negeri, termasuk 17 di Jepang dan Korea Selatan.

Sebagai pusat transportasi utama yang komprehensif, bandara ini juga menawarkan akses penumpang ke metro dan layanan kereta api berkecepatan tinggi.

“Akan lebih nyaman bagi para pebisnis, terutama di sektor perdagangan luar negeri, untuk mengunjungi klien mereka dari seluruh dunia setelah bandara dibuka,” kata Seol Kyu Jong, seorang pengusaha Korsel yang berbasis di Qingdao.

“Jaringan logistik yang diperluas yang diuntungkan dari bandara baru juga akan secara signifikan memangkas biaya transportasi,” ujarnya.

Pembukaan Kamis juga sekaligus dimulainya proyek tahap kedua bandara. Setelah penyelesaian proyek, bandara Jiaodong akan mampu menangani jumlah penumpang tahunan sebesar 55 juta, arus kargo sebesar 1 juta ton, dan 452.000 lepas landas dan mendarat pesawat pada tahun 2045. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA