Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pentagon Siapkan 3.000 Tentara untuk Evakuasi Kedutaan AS di Kabul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 14 Agustus 2021, 15:34 WIB
Pentagon Siapkan 3.000 Tentara untuk Evakuasi Kedutaan AS di Kabul
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sejumlah negara mulai melakukan evakuasi warga dan staf mereka di Afghanistan, menyusul situasi terkini pasca Taliban menguasai sejumlah besar wilayah negara itu.

Amerika Serikat bahkan telah menyiapkan 3.000 tentara, termasuk dua batalyon Korps Marinir untuk mendukung misi evakuasi kedutaan AS di Kabul.

Juru Bicara Pentagon John Kirby mengatakan pada Jumat (13/8), bahwa Departemen Pertahanan mengirim tiga batalyon infanteri, satu dari Angkatan Darat dan dua dari Korps Marinir, untuk membantu evakuasi.

“Mereka akan pindah ke Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul dalam waktu 24 hingga 48 jam ke depan,” kata Kirby, seperti dikutip dari US News, Sabtu (14/8).

Kirby menolak untuk merinci dari mana ketiga batalyon itu berasal, tetapi mengatakan mereka saat ini berada di dalam Komando Pusat AS. Unit Ekspedisi Laut (MEU) ke-24 saat ini dikerahkan dengan Grup Siap Amfibi Iwo Jima, yang berada di Teluk Oman.

Kirby, yang menggambarkan upaya itu sebagai 'misi sementara dengan fokus sempit', mengatakan Pentagon juga mengirim sekitar 1.000 personel dari Angkatan Udara dan Angkatan Darat ke Qatar untuk menangani visa Afghanistan.

“Gerakan selanjutnya akan terdiri dari elemen pendukung gabungan Angkatan Darat/Angkatan Udara AS yang terdiri dari sekitar seribu personel untuk memfasilitasi pemrosesan pemohon (visa imigran khusus). Elemen awal gerakan elemen ini akan tiba di Qatar dalam beberapa hari mendatang,” kata Kirby kepada wartawan.  

“Gerakan ketiga adalah untuk memperingatkan dan mengerahkan satu tim tempur brigade infanteri dari Fort Bragg ke Kuwait, di mana mereka akan ditempatkan dan siap jika diperlukan untuk memberikan keamanan tambahan di bandara. Kami mengantisipasi pasukan itu akan mencapai Kuwait sekitar minggu depan," lanjutnya.

Gerakan itu terjadi di tengah laporan bahwa Taliban telah mengambil beberapa kota di Afghanistan, di saat AS melanjutkan penarikannya dari perang hampir 20 tahun di negara itu.  

Kirby mengatakan Pentagon tidak menganggap gerakan itu sebagai operasi evakuasi non-kombatan, atau NEO.

“Tujuannya di sini adalah untuk membantu pengurangan personel sipil dari kedutaan. Itu tidak sama dengan operasi evakuasi non-pejuang, di mana Anda memindahkan sejumlah besar orang yang belum tentu pegawai pemerintah AS. ini operasi yang berbeda sama sekali dan kami tidak ada di sana, ”kata Kirby ketika ditanya mengapa upaya itu tidak dianggap sebagai NEO.

“Hal lain yang akan kami lakukan adalah membantu Departemen Luar Negeri, sekali lagi, mempercepat proses untuk pemohon visa imigran khusus. Itu juga tidak termasuk dalam rubrik operasi evakuasi non-kombatan," ujarnya

Selain Amerika, Inggris juga mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengirim 600 tentara untuk membantu penarikan kedutaannya sendiri dan menangani visa.

"Pengerahan tambahan sekitar 600 tentara sehubungan dengan meningkatnya kekerasan dan memburuknya lingkungan keamanan dengan cepat di negara itu,” kata kementerian pertahanan Inggris dalam rilis berita.  

“Secara paralel, jumlah staf yang bekerja di Kedutaan Besar Inggris di Kabul telah dikurangi menjadi tim inti yang berfokus pada penyediaan layanan konsuler dan visa bagi mereka yang perlu segera meninggalkan negara itu," katanya.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA