Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Venezuela dan Oposisi Satu Suara Teken Nota Kesepahaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 15 Agustus 2021, 10:19 WIB
rmol news logo Venezuela membuat kemajuan dalam hal rekonsiliasi politik. Jelang akhir pekan ini, perwakilan Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan perwakilan kelompok oposisi menandatangani nota kesepahaman seusai menggelar pembicaran di Mexico City pada hari Jumat malam (13/8). Pertemuan itu digelar untuk memulihkan stabilitas polilik di negara Amerika Selatan itu.

Kedua delegasi itu bertemu setelah enam bulan pembicaraan yang difasilitasi oleh Norwegia, untuk menandatangani nota kesepahaman yang berisi rincian agenda. Di antara sejumlah poin yang dibahas adalah mengenai hak politik, jaminan pemilihan, pencabutan sanksi terhadap Venezuela, hak asasi manusia dan kebijakan untuk melindungi ekonomi.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri luar negeri Meksiko dan kepala delegasi Norwegia juga diundang untuk menandatangani dokumen tersebut.

Dari pihak oposisi, tokoh yang mewakili dan membubuhkan tanda tangan dalam nota keepakatan adalah Gerardo Blyde. Pada kesempatan itu, dia mengatakan bahwa ini adalah proses paling solid yang mereka miliki.

"Hari ini kami memulai tahap kedua dari proses negosiasi yang kami tahu akan rumit. Kami datang untuk mencari kesepakatan tentang semua masalah yang akan kami diskusikan," ujarnya, seperti dimuat The Washington Post

Sedangkan dari pihak pemerinah Venezuela, tokoh yang mewakili adalah Jorge Rodríguez. dia mengamini bahwa proses tersebut rumit, namun mendesak untuk dilakukan secara intensif.

“Kami telah melakukan percakapan selama berbulan-bulan untuk mencapai nota kesepahaman yang berbicara kepada kita semua,” jelasnya.


Menanggapi kemajuan itu, Presiden Venezuel Nicolas Maduro memberikan sambutan yang hangat.

"Kami menyambut baik penandatanganan Nota Kesepahaman yang dicapai antara Pemerintah Republik Bolivarian Venezuela dan Platform Kesatuan Oposisi," tulisnya di Twitter.

"Kami berterima kasih kepada Meksiko dan Norwegia atas upaya mereka untuk Perdamaian rakyat Venezuela," sambungnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA