Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Temui Gubernur Jenderal, PM Justin Trudeau Rencanakan Pembubaran Parlemen Kanada

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 15 Agustus 2021, 12:56 WIB
Temui Gubernur Jenderal, PM Justin Trudeau Rencanakan Pembubaran Parlemen Kanada
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau/Net
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dilaporkan akan membubarkan parlemen dan menggelar pemilu awal. Laporan itu muncul ketika Trudeau mengunjungi kediaman gubernur jenderal sebagai perwakilan Ratu Elizabeth II di negara persemakmuran.

Associated Press memuat, Trudeau akan mengunjungi gubernur jenderal Mary Simon pada Minggu pagi (15/8).

Sementara seorang pejabat mengungkap, Trudeau akan mengumumkan pemilu awal pada 20 September.

Pemilihan itu dilakukan ketika Kanada berada di tengah gelombang keempat kasus Covid-19, didorong oleh penyebaran varian Delta yang lebih menular.

Trudeau sendiri berusaha memenangkan mayoritas kursi di Parlemen setelah partai Liberal-nya gagal meraihnya dua tahun lalu dan harus bergantung pada oposisi untuk meloloskan UU.

Trudeau secara pribadi kurang populer daripada sebelumnya, tetapi penanganan pandemi oleh pemerintahnya secara luas dipandang sebagai keberhasilan.

Setelah awal yang lambat, Kanada sekarang memiliki cukup vaksin untuk setiap warga negara dan pemerintahnya menghabiskan ratusan miliar dolar untuk menopang perekonomian di tengah penguncian.

Kanada juga menjadi salah satu negara yang paling banyak memvaksinasi warganya di dunia.

Trudeau merupakan putra mendiang Perdana Menteri Liberal Pierre Trudeau. Ia menjadi perdana menteri termuda kedua dalam sejarah Kanada ketika ia pertama kali terpilih dengan mayoritas kursi di Parlemen pada 2015. Kemenangan itu mengakhiri hampir 10 tahun pemerintahan Partai Konservatif di Kanada.

ARTIKEL LAINNYA