Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan: Turki dan Pakistan Punya Tugas Penting Membawa Perdamaian ke Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 16 Agustus 2021, 07:58 WIB
Erdogan: Turki dan Pakistan Punya Tugas Penting Membawa Perdamaian ke Afghanistan
Presiden Turki Recep Tayip Erdogan bersama Presiden Pakistan Arif Alvi bertemu di Istambul dalam acara peluncuran kapal angkatan laut, Minggu 15 Agustus 2021/Net
rmol news logo Turki akan melakukan berbagai cara untuk membantu Afghanistan mencapai stabilitas sesegera mungkin. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan, untuk mencapai hal itu perlu kerja sama dengan pemerintahan Pakistan.

"Untuk mencapai ini, kita perlu meningkatkan kerja sama dengan Pakistan," ujarnya dalam sebuah pernyataan di Istambul dalam pertemuannya bersama Presiden Pakistan Arif Alvi, Minggu (15/8) waktu setempat.

Turki memiliki beberapa ratus tentara yang dikerahkan di Afghanistan. Erdogan juga telah mengusulkan untuk bertemu dengan pemimpin Taliban untuk pembicaraan mengenai situasi Afghanistan.

Selain tentang situasi Afghanistan, Turki juga memiliki masalah mengenai ledakan migran dari Afghanistan. Hal yang sama yang juga dialami oleh Pakistan.

Arus migran Afghanistan di perbatasan timur Turki telah menjadi topik politik yang panas di Ankara. Oposisi menekan pemerintah untuk mengambil tindakan tegas untuk menghentikan arus masuk migran.

“Kami menghadapi gelombang migran Afghanistan yang meningkat. Kami akan menunjukkan segala macam upaya bagi Afghanistan untuk mencapai stabilitas sesegera mungkin. Oleh karena itu, hubungan kita dengan Pakistan akan terus berlanjut,” kata Erdogan, seperti dikutip dari Daily Sabah, Minggu.

Presiden Pakistan Arif Alvi berada di Istanbul untuk peluncuran kapal angkatan laut yang dibangun oleh Turki untuk negara Asia selatan yang berbatasan dengan Afghanistan dan merupakan pemain kunci regional.

Menurut Erdogan, Pakistan dengan populasi 2 miliar memainkan peran penting dalam upaya membangun perdamaian dan meningkatkan kemakmuran di Asia Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA