Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Nasib Afghanistan pasca Direbut Taliban, Inggris Hubungi Menlu AS dan Qatar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 Agustus 2021, 09:36 WIB
Bahas Nasib Afghanistan pasca Direbut Taliban, Inggris Hubungi Menlu AS dan Qatar
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Inggris menghubungi dua diplomat tinggi dari Amerika Serikat dan Qatar, khusus untuk saling bertukar pandangan mengenai situasi terkini di Afghanistan. Itu terungkap dalam sebuah tweet yang diunggah oleh  Dominic Raab di akun Twitternya.

"Diskusi yang bermanfaat dengan Menteri Luar Negeri Blinken tentang Afghanistan. Prioritas langsung kami adalah memastikan keselamatan warga negara kami & mereka yang mendukung pekerjaan kami selama 20 tahun terakhir," cuit Raab, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (17/8).

“Kami juga membahas perlunya koordinasi internasional untuk mencegah Afghanistan digunakan sebagai basis kelompok teroris, dan pendekatan yang lebih luas untuk meringankan penderitaan rakyat Afghanistan,” tambahnya.

Dalam panggilan telepon terpisah dengan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani, Raab berterima kasih kepadanya atas komitmen Qatar terhadap proses perdamaian Afghanistan.

"Taliban berjanji dalam Perjanjian Doha untuk terlibat dalam pembicaraan dengan itikad baik, tetapi tindakan mereka sejauh ini mengkhianati janji itu. Mereka harus dimintai pertanggungjawaban," cuitnya, merujuk pada pembicaraan yang diselenggarakan Qatar tentang Afghanistan.

Taliban memasuki ibu kota Kabul pada Minggu (15/8), mengambil alih negara itu untuk pertama kalinya dalam hampir 20 tahun.

Dengan runtuhnya pemerintah, fokus saat ini telah beralih ke keselamatan warga sipil dan pengungsi serta masa depan Afghanistan di bawah Taliban. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA