Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Telepon, Menlu China dan AS Bahas Koordinasi Hubungan Kedua Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 Agustus 2021, 12:47 WIB
Lewat Telepon, Menlu China dan AS Bahas Koordinasi Hubungan Kedua Negara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Di tengah segala ketegangan yang melanda kedua negara dalam berbagai bidang, komunikasi antara Pemerintah China dan Amerika serikat terus berjalan dan menunjukkan perbaikan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Terbukti dengan dialog terbaru antara Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi yang bertukar pandangan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melalui telepon mengenai hubungan bilateral pada Senin (16/8) waktu setempat.

Dilaporkan Xinhua, Selasa (17/8) Wang menegaskan kembali bahwa baik China dan Amerika Serikat adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan peserta penting dalam sistem internasional kontemporer.

“Dalam menghadapi berbagai tantangan global dan isu-isu hotspot regional yang mendesak, kedua negara harus melakukan koordinasi dan kerja sama, yang sangat dinantikan oleh masyarakat internasional,” kata Wang kepada Blinken.

Blinken pada bagianya mengatakan bahwa sangat penting bagi Amerika Serikat dan China untuk menjaga komunikasi mengenai isu-isu utama internasional dan regional.

Menlu AS juga mengatakan bahwa dia setuju tujuan bersama bagi Amerika Serikat dan China adalah untuk mewujudkan hidup berdampingan secara damai, menyuarakan harapan bahwa kedua belah pihak akan mencari dan melakukan kerja sama.

“Tentu saja ada juga perbedaan yang jelas antara kedua belah pihak,” kata Blinken, seraya menambahkan bahwa hal itu dapat diselesaikan secara bertahap dengan cara yang konstruktif di masa mendatang.

Dalam beberapa waktu terakhir ketegangan antara China dan AS terus mengalami peningkatan di beberapa sisi, termasuk masalah HAM, Hong Kong dan Taiwan, serta yang terbaru mengenai perdebatan asal-usul pandemi virus corona. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA