Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Doa Nusantara, Doa Bersama untuk Indonesia dari WNI di Hongaria

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Agustus 2021, 08:30 WIB
Doa Nusantara, Doa Bersama untuk Indonesia dari WNI di Hongaria
Upacara penaikan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 di KBRI Budapest/Net
rmol news logo Banyak harapan dan doa untuk Indonesia di ulang tahun kemerdekaannya tahun ini, di tengah suasana pandemi. Warga Negara Indonesia yang berada di Hongaria berkumpul dalam doa bersama untuk keselamatan Indonesia pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 di KBRI Budapest.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi dan menyelamatkan segenap bangsa Indonesia dalam menghadapi cobaan dan ujian pandemik wabah Covid-19 ini, aminn,” ucap Duta Besar Indonesia untuk Hongaria Dimas Wahab yang memimpin Doa Nusantara.

KBRI Budapest tahun ini merayakan Hari Kemerdekaan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Setelah upacara Penaikan Bendera Merah Putih acara dilanjutkan dengan Doa Nusantara, Doa Bersama untuk Indonesia dengan melibatkan para pemuka agama dari perwakilan masyarakat Indonesia yang berada di Hongaria.

Semua mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk Indonesia agar segera pulih dari wabah penyakit Covid-19. Mereka berharap roda perekonomian masyarakat Indonesia kembali berjalan baik.

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia telah mendapat ijin dari pemerintah setempat. Pemerintah Hongaria mengijinkan kegiatan keramaian di luar gedung dengan maksimum peserta 500 orang dan setiap peserta telah memiliki kartu imunitas.  

Selain itu protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan wajib mencuci tangan dengan handsanitizer didepan pintu masuk yang telah disediakan oleh KBRI Budapest dan juga diberikan masker untuk dapat digunakan selama kegiatan dilaksanakan.

Upacara Penaikan Bendera tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2021 di Hongaria. Sebelumnya KBRI Budapest telah melaksanakan kegiatan pertandingan persahabatan olahraga antara warga dan diaspora Indonesia.  

Rangkaian kegiatan akbar lainnya adalah KBRI Budapest menyelenggarakan berbagai kegiatan seni budaya yang dikemas dalam program Indonesia Summer Festival 2021, bekerja sama dengan ITPC Budapest dan Pemerintah Distrik Terezvaros Budapest melalui Pusat Kebudayaan Eotvos10.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 14 Agustus itu diawali dengan pembukaan pameran foto Indonesia hasil jepretan fotographer kenamaan dari Indonesia, Mario Blanco, yang menampilkan 20 foto artistik mengenai alam, budaya dan masyarakat Indonesia.

Pembukaan pameran foto itu dimeriahkan dengan pentas seni budaya Indonesia dan ditutup dengan pemutaran film dokumenter ditempat terbuka tersebut mengenai kehidupan Suku Mentawai di Sumatera Barat yang dibuat oleh sineas Hongaria. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA