Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kelompok Aktivis AAPP: Korban Tewas Akibat Kudeta Militer Myanmar Capai 1.000 Jiwa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Agustus 2021, 15:48 WIB
Kelompok Aktivis AAPP: Korban Tewas Akibat Kudeta Militer Myanmar Capai 1.000 Jiwa
Pengunjuk rasa bentrok dengan pasukan keamanan di Jembatan Bayint Naung di Mayangone, Yangon, Myanmar, pada Maret 2021/Net
rmol news logo Kelompok aktivis Asosiasi Bantuan Tahanan Politik (AAPP) merilis laporan terbaru tentang jumlah korban tewas akibat kudeta penggulingan pemerintahan Aung San Suu Kyi oleh militer di Myanmar.

Dalam rilisnya, kelompok tersebut mengatakan korban tewas sejak kudeta telah mencapai 1.000 orang. Jumlah yang dirilis Rabu (18/8) tersebut tanpa memasukkan angka yang disebutkan oleh pihak tentara yang juga mengklaim korban jiwa di pihaknya.

“Menurut catatan AAPP, 1.001 orang tak bersalah telah tewas," kata sekretaris AAPP Tate Naing kepada Reuters.

“Jumlah korban sebenarnya jauh lebih tinggi,” lanjutnya.

Myanmar tenggelam dalam kekacauan sejak kudeta, hampir setiap hari terjadi protes sejak itu, pemberontakan berkobar di daerah perbatasan dan pemogokan yang meluas yang telah merusak ekonomi.

Pihak berwenang militer mengatakan perebutan kekuasaan mereka tidak boleh disebut kudeta karena itu sejalan dengan konstitusi.

Belum ada komentar dari pihak otoritas militer soal rilis Rabu, namun mereka sebelumnya mengatakan AAPP telah melebih-lebihkan angka-angka yang mereka rilis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA