Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Barat Gagal Tumbangkan Taliban, Presiden Ceko Minta NATO Fokus pada Terorisme Daripada Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 19 Agustus 2021, 08:30 WIB
Barat Gagal Tumbangkan Taliban, Presiden Ceko Minta NATO Fokus pada Terorisme Daripada Rusia
Presiden Ceko Milos Zeman/Net
rmol news logo Kemenangan cepat Taliban menguasai Afghanistan setelah kepergian pasukan NATO mengejutkan dunia. Sebagian mengatakan itu telah menunjukkan kegagalan militer Barat mengalahkan gerilyawan yang selama ini dicap sebagai teroris.

Presiden Ceko Milos Zeman mengingatkan bahwa sudah saatnya NATO mengalihkan fokus mereka dari Rusia ke terorisme internasional.

"Musuh NATO bukanlah Rusia, tetapi terorisme internasional," kata Zeman, yang berbicara tentang kegagalan blok militer pimpinan Amerika dalam mengalahkan gerilyawan Taliban di Afghanistan, seperti dikutip dari Euro News, Rabu (18/8).

Komentar Zeman yang dikenal karena sikapnya yang pro-Rusia dan pro-China, menggemakan pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada November tahun lalu, ketika dia mendesak para pemimpin NATO untuk mengalihkan fokus dari Rusia dan China, dengan mencatat bahwa terorisme adalah musuh bersama untuk semua bangsa.

Pemimpin Ceko itu juga mengecam NATO karena gagal secara dramatis di Afghanistan tetapi mencatat bahwa dia mendukung perang dan misi untuk mengalahkan terorisme yang mengatasnamakan Islam.

Dalam pernyataannya dia juga mengklaim sudah memberi tahu Presiden AS Donald Trump dan Joe Biden selama KTT NATO bahwa penarikan pasukan adalah tindakan pengecut.

"Legitimasi keberadaan blok itu sekarang dipertanyakan," katanya.

Kritik presiden terhadap NATO datang kurang dari seminggu setelah kelompok Taliban memasuki ibukota Afghanistan Kabul dan menyatakan bahwa mereka telah menguasai seluruh negara, menyusul keputusan Washington untuk menarik pasukannya dari negara itu.

Di bawah konstitusi Ceko, presiden adalah panglima tertinggi angkatan bersenjata Ceko, tetapi pemerintahlah yang menetapkan kebijakan pertahanan.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA