Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serangan Terbaru Jihadis Burkina Faso Tewaskan 47 Orang Termasuk Warga Sipil dan Tentara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 19 Agustus 2021, 11:48 WIB
Serangan Terbaru Jihadis Burkina Faso Tewaskan 47 Orang Termasuk Warga Sipil dan Tentara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebanyak 47 orang, termasuk 30 warga sipil, 17 tentara dilaporkan tewas dalam sebuah serangan yang dilakukan oleh tersangka jihadis.

Kementerian Komunikasi Burkina Faso mengatakan pada Rabu (18/8), insiden tersebut terjadi saat militer berkonvoi mengawal warga sipil di Burkina Faso utara.

“Konvoi campuran yang terdiri dari warga sipil, elemen pasukan pertahanan dan keamanan (FDS) dan relawan untuk pertahanan tanah air (VDP) menjadi target serangan teroris 25 km dari Gorgadji (Utara), di mana 30 warga sipil, 14 tentara dan 3 VDP tewas,” kata Kementerian, seperti dikutip dari Africa News, Kamis (19/8).

Komune Gorgadji terletak di provinsi Seno, utara Burkina Faso, yang disebut zona tiga perbatasan, yang melintasi Mali dan Niger.Wilayah tersebut menjadi yang paling terkena dampak kekerasan. Ribuan warga sipil dan tentara tewas di sana.

Serangan itu, yang juga menyebabkan 19 orang terluka, terjadi ketika pasukan keamanan dan VDP sedang dalam misi untuk mengamankan warga sipil yang berangkat ke Arbinda.

“Selama pembalasan SDF dan VDP menembak mati 58 teroris dan banyak lainnya terluka dan melarikan diri,” kata sumber yang sama, mencatat bahwa pihaknya sedang melakukan operasi penyelamatan.

Serangan ini adalah yang ketiga dalam serangkaian yang telah menewaskan lebih dari selusin orang dalam dua minggu terhadap tentara yang terlibat dalam perjuangan anti-jihadis di utara dan barat laut Burkina Faso.

Pada tanggal 4 Agustus, tiga puluh orang, termasuk lima belas tentara, sebelas warga sipil, dan empat tentara tambahan, tewas dalam serangan yang dilakukan oleh tersangka jihadis di Burkina Faso utara, dekat perbatasan dengan Niger.

Insiden berlanjut pada 9 Agustus, 12 tentara tewas dan delapan terluka dalam serangan di barat laut Burkina Faso dekat perbatasan dengan Mali. Pada hari Rabu, lima pembantu sipil tewas dalam serangan di utara.

Burkina Faso, sebuah negara Afrika Barat yang miskin, telah diganggu sejak 2015 oleh serangan jihad reguler dan mematikan, terutama di wilayah utara dan timur, seperti tetangganya Mali dan Niger.

Serangan-serangan ini, sering kali dibarengi dengan penyergapan dan dikaitkan dengan kelompok-kelompok jihad yang berafiliasi dengan kelompok Negara Islam dan al-Qaeda, telah menewaskan lebih dari 1.500 orang dan memaksa lebih dari 1,3 juta orang mengungsi dari rumah mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA