Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ketidakjelasan Situasi Kabul Jadi Alasan IMF Hentikan Bantuan ke Afghanistan

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 19 Agustus 2021, 14:58 WIB
Ketidakjelasan Situasi Kabul Jadi Alasan IMF Hentikan Bantuan ke Afghanistan
Kantor IMF/Net
Bantuan keuangan dari Dana Moneter Internasional (IMF) untuk Afghanistan dihentikan setelah Taliban mengambil alih pemerintahan secara de facto.

Dengan pengumuman tersebut, Taliban tidak akan memiliki akses terhadap sebagian besar uang tunai dan stok emas milik Afghanistan.

Sebagaimana diberitakan Tolonews, Kamis (19/8), pengumuman IMF datang di tengah tekanan dari Departemen Keuangan Amerika Serikat, yang memegang saham pengendali di IMF.

AS ingin memastikan bahwa bagian Afghanistan dari alokasi cadangan Hak Penarikan Khusus yang dijadwalkan Senin tidak jatuh ke tangan Taliban.

Sementara itu, Jurubicara IMF menekankan bahwa pengumuman disampaikan karena adanya ketidakjelasan status kepemimpinan di Kabul. Di mana Presiden Afghanistan saat ini melarikan diri ke Uni Emirat Arab.

"Saat ini ada ketidakjelasan dalam komunitas internasional soal pengakuan pemerintahan di Afghanistan, sebagai konsekuensinya negara itu tidak bisa mengakses sumber daya IMF," ujarnya.

Adapun bantuan IMF untuk Afghanistan ini mencakup program pinjaman senilai hampir 400 juta dolar AS yang sudah disediakan. Termasuk akses terhadap cadangan dalam bentuk Special Drawing Rights (SDT).

IMF mengklaim penangguhan ini dipandu langsung oleh pandangan komunitas internasional.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA