Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taliban Berkuasa, UNESCO Khawatir Warisan Budaya Afghanistan Terancam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 19 Agustus 2021, 23:47 WIB
Taliban Berkuasa, UNESCO Khawatir Warisan Budaya Afghanistan Terancam
Salah satu situs warisan budaya Afghanistan, Lembah Bamiyan dirusak oleh kelompok militan Taliban sebelum lengser tahun 2001 silam/Net
rmol news logo Pengambilalihan kekuasaan di Afghanistan oleh Taliban mengundang kekhawatiran dari banyak pihak, termasuk badan kebudayaan PBB UNESCO. Lembaga tersebut khawatir bahwa kekuasaan Taliban akan membawa kerusakan pada warisan budaya yang terdapat di Afghanistan.

Melalui sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis (18/8), UNESCO mendesak perlindungan akan warisan budaya Afghanistan dan memastikan lingkungan yang aman bagi para seniman.

Afghanistan adalah rumah bagi dua situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satunya adalah Lembah Bamiyan, tempat Taliban meledakkan dua patung Buddha raksasa sebelum kelompok itu digulingkan dari kekuasaan pada tahun 2001 lalu.

“Di tengah peristiwa yang berlangsung dengan cepat, dan 20 tahun setelah penghancuran yang disengaja dari Bamiyan Buddha, sebuah situs Warisan Dunia, Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay menyerukan pelestarian warisan budaya Afghanistan,” kata UNESCO dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Al Jazeera.

Taliban berhasil merebut ibukota Kabul akhir pekan kemarin (Minggu, 15/8) dan mendepak pemerintahan Presiden Ashraf Ghani. Kelompok ini memiliki keuntungan teritorial setelah Amerika Serikat menarik pasukannya dari negara itu.

Kini mata publik dunia seakan terus menanti perkembangan yang terjadi di Afghanistan, terutama mengenai bagaimana pemerintah Afghanistan selanjutnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA