Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angkatan Laut India dan Vietnam Latihan Maritim Bersama di Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 20 Agustus 2021, 00:47 WIB
Angkatan Laut India dan Vietnam Latihan Maritim Bersama di Laut China Selatan
India dan Vietnam melakukan latihan Angkatan Laut bersama di kawasan Laut China Selatan yang disengketakan/Net
rmol news logo Kawasan Laut China Selatan seakan tidak pernah sepi dari dinamika. Baru-baru ini, India dan Vietnam melakukan latihan Angkatan Laut bersama di kawasan Laut China Selatan yang disengketakan. Latihan bersama ini dilakukan sebagai bagian dari pengerahan kapal perang India yang sedang berlangsung ke wilayah tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Fase laut" dari latihan tersebut melihat kapal perusak berpeluru kendali INS Ranvijay dan korvet INS Kora melakukan latihan perang permukaan, latihan menembakkan senjata, dan operasi helikopter dengan fregat Vietnam VPNS Ly Thai kata juru bicara Angkatan Laut Komandan Vivek Madhwal.

Menurut keterangan jurubicara Angkatan Laut India, Komandan Vivek Madhwal, kapal perang India sebelumnya telah tiba di Cam Ranh pada 15 Agustus untuk melakukan latihan yang disebut dengan "fase pelabuhan" dan interaksi profesional lainnya dengan Vietnam.

Kemudian, kedua belah pihak melakukan latihan lain yang disebut dengan "fase laut", di mana kapal perusak berpeluru kendali INS Ranvijay dan korvet INS Kora melakukan latihan perang permukaan. Selain itu, mereka juga melakukan latihan menembakkan senjata, dan operasi helikopter dengan fregat Vietnam VPNS Ly Thai.

"Sebagai bagian dari hubungan pertahanan India-Vietnam yang kuat, latihan reguler dan pertukaran telah meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan laut," kata seorang perwira India, seperti dimuat Times of India pada Rabu (18/8).

Sementara itu, Madhwal menjelaskan, fregat siluman INS Shivalik dan korvet anti-kapal selam INS Kadmatt milik India dikerahkan sebagai bagian dari gugus tugas angkatan laut India pada penyebaran operasional selama dua bulan ke Asia Tenggara, Laut China Selatan dan Pasifik Barat.

Armada-armada perang tersebut pada gilirannya juga akan ikut ambil bagian dalam latihan militer Malabar yang dilakukan oleh empat negara, yakni India, Ameria Serikat, Jepang dan Australia pada tanggal 26 hingga 29 Agustus mendatang. Latihan "Quad" bersama itu dilakukan untuk meningkatkan strategi demi menjamin kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka dan stabil, serta melawan pengaruh China yang meningkat di kawasan itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA