Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jet Tempur Pentagon Melayang-layang di Atas Langit Kabul, Pastikan Evakuasi Warga AS Berjalan Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 20 Agustus 2021, 06:46 WIB
Jet Tempur Pentagon Melayang-layang di Atas Langit Kabul, Pastikan Evakuasi Warga AS Berjalan Aman
Tentara AS/Net
rmol news logo Amerika Serikat membuktikan komitmen mereka untuk menjaga keamanan warganya yang saat ini masih belum bisa keluar dari Afghanistan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Komitmen itu salah satunya dibuktikan oleh Pentagon yang menerbangkan jet tempur mereka di atas langit Kabul pada Kamis (19/8) waktu setempat.

"Jet tempur bersenjata AS telah terbang di atas Kabul untuk memastikan keamanan bagi operasi evakuasi," kata Pentagon, seraya menambahkan bahwa tidak ada interaksi permusuhan dengan Taliban atau upaya untuk menghalangi evakuasi.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan dalam jumpa pers bahwa jet-jet itu tidak melakukan penerbangan low pass di atas kota tetapi telah terlibat dalam 'overwatch'.

"Penerbangan overwatch, telah dilakukan sejak sebelum operasi evakuasi non-kombatan. Ini adalah langkah-langkah perlindungan kekuatan yang bijaksana di udara, untuk memastikan bahwa kami dapat melindungi orang-orang dan operasi kami, dari ancaman apa pun," katanya.

Kirby mengatakan Pentagon tidak melihat adanya interaksi permusuhan dengan Taliban dan tidak melihat pejuang kelompok itu menghalangi, mengganggu atau menghalangi pergerakan warga Amerika ke bandara.

 "Kami telah menjelaskan dengan sangat jelas kepada Taliban bahwa setiap serangan terhadap orang-orang kami dalam operasi kami di bandara akan mendapat tanggapan yang kuat," katanya.

Mayor Jenderal Angkatan Darat AS William Taylor mengatakan dalam pengarahannya, bahwa beberapa gerbang di bandara internasional Kabul sekarang terbuka dan sekitar 7.000 orang telah dievakuasi sejauh ini.

Dia mengatakan militer AS saat ini memiliki lebih dari 5.200 tentara di bandara Kabul untuk membantu proses evakuasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA