Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dana Bantuan dari Qatar Cair, Israel Pastikan Tidak Disentuh Hamas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 20 Agustus 2021, 16:55 WIB
Dana Bantuan dari Qatar Cair, Israel Pastikan Tidak Disentuh Hamas
Sejak beberapa tahun terakhir, Qatar telah memberikan bantuan hingga ratusan juta dolar untuk keluarga miskin di Gaza/AFP
rmol news logo Israel menemukan kata sepakat dengan Qatar dan PBB untuk melakukan mekanisme pencairan bantuan dari Qatar ke Jalur Gaza yang terkepung pada Kamis (19/8). Hal ini memberikan angin segar bagi wilayah kantung Palestina yang mengalami kerusakan akibat serangan Israel bulan Mei lalu itu.

Mekanisme pencairan bantuan Qatar ini disepakati setelah sebelumnya terhambat karena dihalangi oleh Israel. Mereka khawatir bahwa dana bantuan dari Qatar akan jatuh ke tangan kelompok Hamas yang memerintah di Gaza.

Namun Hamas sendiri telah berjanji pada pembicaraan yang dimediasi Mesir akhir Mei lalu, untuk tidak menyentuh uang donor itu.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan bahwa pihaknya telah berhubungan dengan Qatar untuk membangun mekanisme yang memastikan uang mencapai mereka yang membutuhkan, sambil menjaga kebutuhan keamanan Israel.

Di bawah mekanisme baru, kata Gantz, bantuan dari Qatar akan ditransfer ke ratusan ribu orang Gaza oleh PBB langsung ke rekening bank mereka. Israel akan mengambil peran untuk mengawai penerimanya.

Belum ada tanggapan resmi dari pihak Hamas akan kabar tersebut.

Dikabarkan Al Jazeera, Qatar merupakan negara yang mengambil peranan tersendiri dalam konflik Israel-Palestina yang berkepanjangan. Sejak beberapa tahun terakhir, Qatar telah memberikan bantuan hingga ratusan juta dolar untuk keluarga miskin di Gaza.

Tapi sejak konflik Mei lalu, Israel telah memblokir pembayaran bantuan itu karena khawatir bahwa dana akan diakses oleh Hamas. Pasalnya, di bawah sistem sebelum konflik Mei lalu, sekitar 30 juta dolar AS uang tunai dikirim ke Gaza setiap bulan melalui penyeberangan yang dikendalikan Israel.

Namun kini, Komite Rekonstruksi Jalur Gaza Qatar mengatakan pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman dengan PBB untuk memberikan bantuan kepada sekitar 100 ribu keluarga senilai masing-masing 100 dolar AS mulai September mendatang dengan cara ditransfer langsung.

Bantuan ini diberikan untuk membant warga Gaza pulih pasca serangan mematikan yang dilakukan oleh Israel pada Mei lalu. Akibat serangan tersebut, lebih dari 4.000 rumah di Gaza hancur atau rusak. Bank Dunia memperkirakan, kerugian yang dialami Gaza mencapai hingga 380 juta dolar AS.

Untuk membantu rekonstruksi Gaza, Mesir dan Qatar masing-masing telah menjanjikan bantuan 500 juta dolar AS bagi Gaza. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA