Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Australia: Strategi Lockdown akan Terus Diberlakukan Hingga 70 Persen Populasi Divaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Agustus 2021, 13:55 WIB
PM Australia: Strategi Lockdown akan Terus Diberlakukan Hingga 70 Persen Populasi Divaksin
Perdana Menteri Australia Scott Morrison/Net
rmol news logo Kebijakan lockdown atau penguncian yang diambil pemerintah Australia telah banyak memicu kritik warganya. Namun Perdana Menteri Scott Morrison menegaskan strategi lockdown akan tetap diberlakukan hingga herd immunity tercapai.

Dalam wawancara dengan ABC pada Minggu (22/8), Morrison mengatakan penguncian di Asutralia untuk mencegah penyebaran Covid-19 akan bertahan hingga setidaknya 70 persen populasi divaksinasi secara penuh.

"Anda tidak dapat hidup dengan penguncian selamanya, dan pada titik tertentu Anda perlu membuat perubahan gigi, dan itu dilakukan ketika 70 persen (divaksinasi)," kata Morrison.

Sejak awal pandemi, Australia telah menjadikan lockdown sebagai strategi untuk mengendalikan wabah. Pemerintah federal berencana untuk membuka kembali perbatasan setelah 80 persen populasinya divaksinasi.

Tetapi strategi lockdown tampaknya telah membebani banyak orang. Pada Sabtu (21/8), ratusan orang melakukan aksi demonstrasi anti-lockdown di Sydney dan Melbourne yang selama ini menjadi target kebijakan tersebut.

Sejauh ini, negara bagian Victoria telah mengalami enam kali lockdown. Pada Minggu, otoritas mencatat 65 kasus baru pada Minggu, sehingga terdapat 440 kasus Covid-19 aktif di sana.

Sementara itu, negara bagian New South Wales (NSW) melaporkan 830 kasus baru pada Minggu, sehingga total kasus aktif mencapai 12 ribu.

Secara nasional, Australia telah melaporkan 914 kasus baru pada Minggu, naik dari 894 kasus pada hari sebelumnya.

Kementerian Kesehatan menyebut hanya sekitar 30 persen orang Australia berusia lebih dari 16 tahun yang telah divaksinasi penuh per 21 Agustus 2021.

Meskipun dilanda gelombang ketiga infeksi dari varian Delta, jumlah kasus Covid-19  diAustralia relatif rendah, yaitu di bawah 44 ribu kasus dan 981 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA