Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat Beijing: Kunjungan Kamala Harris ke Singapura dan Vietnam Membangun Modal Politik untuk Pemilihan 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 23 Agustus 2021, 07:33 WIB
Pengamat Beijing: Kunjungan Kamala Harris ke Singapura dan Vietnam Membangun Modal Politik untuk Pemilihan 2024
Wakil Presiden AS Kamala Harris keluar dari Air Force Two di Pangkalan Udara Paya Lebar pada 22 Agustus 2021/Net
rmol news logo Kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris ke dua negara Asia Tenggara, Singapura dan Vietnam mendapat sorotan dari sejumlah pengamat di Beijing. Mereka menilai, kunjungan itu mirip dengan perjalanan Menteri Pertahanan Llyod Austin Juli lalu, yaitu sengaja dirancang untuk mendorong irisan di kawasan dan menahan kekuatan China.

Harris mendarat mendarat di Singapura pada Minggu (22/8) waktu setempat, sekitar sebulan setelah kunjungan Asia-Pasifik Menhan Austin ke Singapura, Vietnam dan Filipina. Kunjungan itu dikatakan  untuk  memperkuat hubungan dan memperluas kerja sama ekonomi di Asia Tenggara.

Pakar China mengatakan tujuan kunjungan Harris ke Asia-Pasifik untuk menahan pengaruh China itu tidak akan efektif, mengingat Beijing adalah mitra terpenting bagi negara-negara ASEAN dalam isu-isu utama, termasuk perang melawan Covid-19, pasokan vaksin, dan pemulihan ekonomi.  

Pakar studi Asia Tenggara di Akademi Ilmu Sosial Guangxi, Gu Xiaosong, mengatakan fokus strategis Indo-Pasifik AS, yang sebelumnya di Asia Timur Laut dan Asia Selatan, kini beralih ke negara-negara ASEAN.

"Harris akan berusaha untuk memperkuat hubungan dengan Singapura dan mencari peran Vietnam dalam strategi Indo-Pasifik, seperti memasukkannya ke dalam kegiatan QUAD," kata Gu.   

Merujuk pada pernyataan baru-baru ini dari para pemimpin Singapura dan Vietnam, bahwa mereka akan tetap dalam posisi netral daripada memihak di antara dua kekuatan besar, menjadi sinyal bahwa harapan AS  untuk membuat dua negara itu memihak Washington setelah kunjungan Harris, sangat tidak realistis.

Awal bulan ini, Perdana Menteri Singapura Lee kembali menunjukkan bahwa negara-negara kecil tidak ingin dipaksa untuk memihak antara China dan AS.

"Saya tidak tahu apakah orang Amerika menyadari betapa tangguhnya musuh yang akan mereka hadapi jika mereka memutuskan bahwa China adalah musuh," kata Lee.

Sementara pada April, Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengatakan dalam pertemuan dengan Penasihat Negara China dan Menteri Pertahanan Nasional Wei Fenghe bahwa Vietnam tidak akan pernah mengikuti beberapa negara lain untuk menentang China.

"Meskipun Vietnam telah menunjukkan kesediaan untuk bekerja sama dengan AS di bidang keamanan, ia masih memiliki keraguan politik, terutama 'revolusi warna' terhadap Partai Komunis Vietnam," kata Gu, mencatat bahwa karena kerja sama antara AS dan Vietnam terbatas, tidak dapat dikesampingkan bahwa Harris akan menggunakan diplomasi vaksin untuk merayu Vietnam yang terpukul keras.

"Dibandingkan dengan China, AS tidak memiliki keunggulan di kawasan itu, baik secara geografis maupun ekonomi dan hanya dapat memberikan pengaruh dalam hal keamanan dan nilai-nilai terbaik," kata Gu.   

Lu Xiang, seorang peneliti studi AS di Akademi Ilmu Sosial China di Beijing, mengatakan bahwa perjalanan Harris dapat dilihat sebagai kelanjutan dari strategi 'poros ke Asia' dari pemerintahan Barrack Obama, karena menurut AS, Vietnam, Singapura, dan Filipina adalah 'negara tingkat 1 yang dapat dirayu'.

"China adalah mitra yang jauh lebih tulus daripada AS, dan perkembangan yang stabil dari negara-negara Asia Tenggara adalah kepentingan China. Hubungan antara China dan ASEAN akan menjadi lebih dekat dan lebih dekat di masa depan," kata Lu.

Berdasarkan jajak pendapat Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research baru-baru ini, peringkat persetujuan Biden telah turun ke tingkat terendah kepresidenannya karena banyak orang di AS percaya negara itu menuju ke arah yang salah.

"Rakyat AS tidak akan mendapat manfaat dari hiruk-pikuk diplomatik yang memprovokasi kawasan lain, dan itu hampir tidak akan efektif dalam menahan China dengan cara apa pun yang berarti," kata Lu.

Namun, para pakar juga mencatat bahwa kunjungan pertama Harris ke Asia Tenggara merupakan kesempatan bagi dia untuk tampil di panggung global dan membangun modal politik, mengingat dirinya adalah calon potensial Partai Demokrat untuk pemilihan presiden AS 2024. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA