Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bantu Krisis Yaman, IMF Suntikkan Dana Rp 9,5 Triliun

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 24 Agustus 2021, 06:59 WIB
Bantu Krisis Yaman, IMF Suntikkan Dana Rp 9,5 Triliun
Ilustrasi/Net
Dana Moneter Internasional (IMF) pada Senin (23/8) menyuntikkan dana cadangan sebesar 665 juta dolar AS (sekitar 9,5 triliun rupiah) untuk membantu meringankan krisis ekonomi dan kemanusiaan akut di negara itu.

Pengumuman bantuan tersebut disampaikan perwakilan regional IMF Gazi Shbaikat dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Distribusi senilai 650 miliar dolar AS ini merupakan bagian dari alokasi IMF untuk Hak Penarikan Khusus (SDR); sebuah unit pertukaran dana yang didukung oleh dolar, euro, yen, sterling, dan yuan, yang diterima negara bagian secara proporsional dengan kepemilikan saham kuota mereka yang ada.

"Alokasi SDR akan meningkatkan cadangan devisa Yaman lebih dari 70 persen, memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan untuk membantu mengatasi krisis, termasuk dengan banyaknya kebutuhan pangan dan medis penduduk yang mendesak," kata Shbaikat dalam pernyataannya.

Yaman telah dilanda perang selama lebih dari enam tahun. Perang membuat negara ini menderita dan sekitar 80 persen penduduknya bergantung pada bantuan.

Untuk membelanjakan SDR mereka, negara bagian pertama-tama harus menukarnya dengan mata uang keras yang mendasarinya, yang mengharuskan mereka untuk menemukan negara mitra pertukaran yang bersedia.

Yaman terbagi antara pemerintah yang diakui secara internasional yang berbasis di selatan dan milisi Houthi yang menggulingkannya dari ibu kota, Sanaa, pada akhir 2014 dan sekarang menguasai sebagian besar utara dan pusat kota utama.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA