Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Jual 25 Bandara dan Ratusan Infrastruktur, Total Nilainya Rp 1.165 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 24 Agustus 2021, 08:16 WIB
India Jual 25 Bandara dan Ratusan Infrastruktur, Total Nilainya Rp 1.165 Triliun
Perdana Menteri India Narendra Modi/Net
rmol news logo India berencana untuk menjual ratusan infrastrukturnya sebagai bagian dari National Monetization Pipeline (NMP). Rencana itu mencakup penjualan aset jalan dan kereta api, bandara, saluran transmisi listrik, dan pipa gas.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman mengungkap, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi berencana menjual 25 bandara internasional dan domestik, 15 stasiun kereta api, dan 160 proyek pertambangan batu bara.

Dikutip dari Sputnik pada Selasa (24/8), Sitharaman menyebut rencana penjualan dilakukan selama empat tahun ke depan, untuk mengumpulkan 81 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 1.165 triliun (Rp 14.300/dolar AS).

Penjualan aset ini adalah bagian dari kebijakan divestasi strategis emerintah federal. Nantinya negara hanya akan mempertahankan kepemilikan pada beberapa sektor yang teridentifikasi, sementara sisanya diprivatisasi.

Monetisasi aset ini digunakan untuk meningkatkan pembiayaan alternatif untuk infrastruktur baru.

“Memonetisasi aset infrastruktur publik yang beroperasi merupakan opsi pembiayaan yang sangat penting untuk pembangunan infrastruktur baru. Penting bagi India untuk menyadari bahwa waktunya telah tiba untuk memaksimalkan aset," jelas Sitharaman.

Meski begitu, dia mengatakan bahwa kepemilikan aset akan tetap menjadi milik pemerintah, dan akan ada pengembalian aset wajib setelah waktu yang ditentukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA