Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fasilitasi Pertemuan Rahasia Direktur CIA dengan Pemimpin Taliban, Qatar Bakal Mainkan Peran Penting di Masa Depan Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 Agustus 2021, 07:05 WIB
Fasilitasi Pertemuan Rahasia Direktur CIA dengan Pemimpin Taliban, Qatar Bakal Mainkan Peran Penting di Masa Depan Afghanistan
Direktur CIA William J. Burns/Net
rmol news logo Di tengah evakuasi warganya dari Afghanistan yang semakin mendekati tenggat waktu 31 Agustus, Amerika Serikat diam-diam telah mengutus Direktur CIA William J. Burns untuk bertemu langsung dengan pemimpin tertinggi Taliban Abdul Ghani Baradar di Kabul pada Senin (22/8) waktu setempat.

Pertemuan rahasia itu pertama kali dilaporkan oleh The Washington Post pada Selasa (24/8).

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN, bahwa pertemuan Senin merupakan pertukaran pandangan langsung tingkat tertinggi pertama sejak kelompok militan itu menguasai ibu kota Kabul.

"Pertemuan itu juga menggarisbawahi pandangan di dalam pemerintahan bahwa mereka membutuhkan pemahaman yang lebih jelas tentang posisi Taliban dalam beberapa hal, saat waktu terus berjalan menuju tenggat waktu 31 Agustus untuk menarik pasukan dari negara itu," kata pejabat itu.

Sebuah sumber yang akrab mengatakan kepada CNN pada Selasa malam (24/8) bahwa Qatar membantu memfasilitasi pertemuan antara Burns dan Baradar. Pertemuan Senin menunjukkan peran penting yang dimainkan Qatar di masa depan Afghanistan.

Seorng pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa pertemuan itu terjadi atas arahan Presiden Joe Biden. Ini, menurutnya, sekaligus mencerminkan pandangan di dalam pemerintahan bahwa Burns adalah diplomat veteran paling berpengalaman dan salah satu yang paling tepercaya di tim Biden.

Pejabat lain menyebut pertemuan itu membahas pertukaran pandangan tentang apa yang perlu dilakukan pada 31 Agustus.

Juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan selama konferensi pers di Kabul bahwa Taliban tidak dapat mengkonfirmasi bahwa Baradar telah bertemu dengan direktur CIA, tetapi mereka bertemu dengan semua kedutaan di Kabul.

Belum ada komentar balik dari CIA maupun Gedung Putih tekait pertemuan Burns dan Baradar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA