Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Solidaritas di Tengah Pandemi, Masyarakat Indonesia Kirim Donasi untuk Brunei Darussalam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 25 Agustus 2021, 16:01 WIB
rmol news logo Pandemi Covid-19 merupakan salah satu "ujian" akan solidaritas masyarakat serta negara di dunia. Di tengah situasi sulit yang dihadapi bersama ini, masyarakat Indonesia tetap menunjukkan sikap solidaritas yang kuat dengan banyak negara di dunia, termasuk Brunei Darussalam.

Bukan omong kosong belaka, hal ini terlihat dari aksi nyata. Pada Rabu (25/8), Dutabesar RI Dr. Sujatmiko bersama Presiden Persatuan Masyarakat Indonesia Mukhidin Umar secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Brunei untuk penanganan Covid-19.

Bantuan ini diterima oleh Permanent Secretary Kementerian Kesehatan Brunei Haji Maswadi bin Haji Mohsin di kantor Kementerian Kesehatan Brunei.

Sebenarnya, penyerahan bantuan berupa peralatan kesehatan senilai BND 9.438 atau sekitar Rp 100 juta telah dilakukan di Menglait Sports Complex. Sedangkan, donasi dalam bentuk uang tunai senilai BND 10.000 atau lebih dari Rp 100 juta telah diserahkan oleh dua pengusaha Indonesia di Brunei Darussalam kepada the Brunei COVID-19 Relief Fund.

“Nilai donasi ini tidak banyak, tetapi itu merupakan wujud dukungan dan solidaritas masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam kepada Brunei dalam menghadapi pandemi Covid-19," ujar Dubes Sujatmiko, sebagaimana keterangan yang diterima redaksi.

Dia menjelaskan, donasi berupa masker, hand sanitizer, Personal Protection Equipment (PPE), kasur, kursi, dan beberapa alat perlengkapan lainnya itu dikumpulkan secara bersama-sama oleh Keluarga Besar KBRI dan masyarakat Indonesia di Brunei dalam waktu singkat.

Menurut Dubes Sujatmiko, untuk menghadapi pandemi Covid-19 dibutuhkan kerjasama dan solidaritas yang kuat. Donasi ini merupakan salah satu bentuk solidaritas dari WNI yang bekerja dan tinggal di Brunei Darussalam. Diharapkan bantuan ini selain akan menunjukkan gesture eratnya hubungan antara kedua negara, tapi juga dapat mengurangi beban akibat Covid-19.

“Di masa krisis, bantuan dalam bentuk apa pun akan menjadi sangat berharga," ujarnya.

Dia menekankan bahwa Indonesia dan Brunei Darussalam adalah negara tetangga yang hubunganya terjalin sangat hangat dan ramah. Kedua negara sahabat saling mendukung dan ada di waktu-waktu yang sangat dibutuhkan.

“Sebagai salah satu komunitas warga asing terbesar di Brunei, sekarang saatnya Indonesia menunjukkan dukungannya.” tegas Dubes Sujatmiko.

Menurut data KBRI Brunei Darussalam, saat ini terdapat sekitar 30 ribu WNI di negara itu yang bekerja di berbagai sektor.

Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini menyebabkan cukup banyak warga Indonesia terpapar virus, terutama yang bekerja di restoran, catering, dan kafe. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA