Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Thailand Kembangkan AutoVacc, Robot yang Dapat Mengekstraksi Lebih Banyak Dosis Vaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 25 Agustus 2021, 20:35 WIB
Thailand Kembangkan AutoVacc, Robot yang Dapat Mengekstraksi Lebih Banyak Dosis Vaksin
AutoVacc/Net
rmol news logo Di tengah tipisnya pasukan vaksin Covid-19, Thailand mengembangkan robot yang berfungsi untuk mengefisiensikan dosis yang merek miliki.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Robot bernama AutoVacc itu mampu mengekstraksi 12 dosis vaksin AstraZeneca selama empat menit dari sebuah botol. Sementara secara manual, itu hanya dapat diambil untuk 10 dosis, yang artinya bertambah 20 persen.

Para peneliti di Universitas Chulalongkorn mengembangkan AutoVacc untuk digunakan di pusat vaksinasi universitas, yang dimulai sejak Senin (23/8).

Saat ini, AutoVacc hanya bisa bekerja untuk botol AstraZeneca. Dari labelnya, sebuah botol dapat menyediakan 10-11 dosis.

"Jika kita memiliki AstraZeneca untuk 1 juta orang, mesin ini bisa menambah jumlah dosis menjadi 1,2 juta orang," ujar peneliti utama di Pusat Penelitian Teknik Biomedis Universitas Chulalongkorn, Juthamas Ratanavaraporn, seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya dibutuhkan petugas kesehatan yang terampil dan jarum suntik khusus untuk mengurangi pemborosan dan mengambil hingga 12 dosis per botol.

“Kalau tenaga kesehatan terlalu lelah, kemungkinan human error juga ada, jadi sebaiknya mesin saja yang mengerjakan ini,” tambahnya.

Saat ini para peneliti tengah mengembangkan robot serupa untuk digunakan pada vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Juthamas mengatakan, AutoVacc dihargai 2,5 juta baht atau setara dengan Rp 44 juta (Rp 440/baht), dengan termasuk jarum suntik. Mereka juga berpeluang untuk diekspor. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA