Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Arab Saudi, OKI dan Liga Arab Serukan Dialog antara Maroko dan Aljazair

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 26 Agustus 2021, 07:55 WIB
Arab Saudi, OKI dan Liga Arab Serukan Dialog antara Maroko dan Aljazair
Orang-orang berdiri di dekat pos perbatasan di sisi Aljazair dari perbatasan Maroko-Aljazair di timur laut Maroko/Net
Sejumlah pihak menyesalkan putusnya hubungan diplomatik antara Maroko dan Aljazair, termasuk Pemerintah Arab Saudi, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan Liga Arab.

Kekecewaan tersebut datang setelah Aljazair mengatakan pada Selasa (24/8) bahwa pihaknya telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Maroko, setelah berbulan-bulan terjadi ketegangan antara kedua negara di Afrika Utara itu.

Menyikapi itu, OKI menyerukan agar kedua negara berdialog untuk menyelesaikan segala kemungkinan perbedaan antara kedua negara, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Rabu (25/8).

Seperti halnya OKI, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam pernyataannya juga meminta kedua negara untuk memprioritaskan dialog demi mencapai keamanan dan stabilitas.

Sementara Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit pada Selasa malam (24/8) mendesak kedua negara untuk saling menahan diri dan menghindari eskalasi lebih lanjut.

Kementerian luar negeri Maroko juga telah membalas keputusan Aljazair, dengan mengatakan langkah itu sama sekali tidak dapat dibenarkan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA