Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Trump: Di Bawah Joe Biden Bukan 'America is Back', Tapi 'Taliban is Back'

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 26 Agustus 2021, 09:12 WIB
Trump: Di Bawah Joe Biden Bukan 'America is Back', Tapi 'Taliban is Back'
Mantan Presiden AS Donald Trump/Net
Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump semakin gencar melancarkan serangan kritik terhadap penerusnya dari Partai Demokrat, Joe Biden, khususnya terkait kebijakan Washington di Afghanistan.

Sebuah video berdurasi 90 detik berisi kritikan dari Trump kepada Biden dilaporkan terpampang di situs mantan presiden AS itu.

Video itu memperlihatkan cuplikan-cuplikan liputan berita mengenai inflasi yang meningkat di AS, pandemi Covid-19, dan kemudian isu Afghanistan dengan menekankan sebagai salah satu kesalahan terbesar dalam kebijakan Biden.

"Joe Biden menjanjikan masa depan Amerika dengan pertumbuhan, kekuatan, diplomasi, dan kekuasaan. Dia mengatakan 'America was back' (Amerika telah kembali)," kata Trump dalam keterangan video itu.

"Sebaliknya, dia menarik pasukan dari Afghanistan sebelum memindahkan senjata kita, sekutu kita, atau bahkan warga kita sendiri. Di bawah Joe Biden, Taliban yang kembali, bukan Amerika," tambahnya.

Dalam video itu, Trump juga menyebut Biden sebagai seorang pemimpin yang telah menyerah. Bahkan video itu juga menampilkan Biden yang tersandung beberapa kali saat menaiki tangga menuju Air Force One.

Kritik Trump saat ini sejalan dengan kritiknya selama kampanye pilpres 2020 yang menyebut Biden tidak layak menjadi presiden. Trump mempertanyakan kesehatan dan kemampuan mental Biden.

Sementara itu, Biden tengah menghadapi tekanan dari banyak pihak, khususnya terkait kemungkinan upaya evakuasi tidak dapat rampung sesuai tenggat waktu 31 Agustus yang direncanakan.

ARTIKEL LAINNYA