Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terlilit Kasus Korupsi Jet Kepresidenan, Mantan PM Mali Ditangkap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 27 Agustus 2021, 10:19 WIB
Terlilit Kasus Korupsi Jet Kepresidenan, Mantan PM Mali Ditangkap
Perdana Menteri Mali Boubeye Maiga/Net
rmol news logo Kasus dugaan korupsi atas kesepakatan pembelian jet kepresidenan senilai 40 juta dolar AS, setara dengan Rp 577 miliar, ikut menjerat mantan Perdana Menteri Mali Boubeye Maiga.

Dari laporan Reuters, Maiga ditangkap pada Kamis (26/8) karena perannya dalam kesepakatan pembelian jet semasa pemerintahan Presiden Ibrahim Boubacar Keita yang digulingkan.

Pengacaranya, Kassoum Tapo, menyebut alasan penangkapan Maiga tidak jelas. Belum diketahui juga bukti apa yang dimiliki jaksa terhadap Maiga atau mengapa dia ditangkap sekarang.

"Kami belum melihat berkas kasusnya dan sampai saat itu kami belum bisa bicara lebih jauh," terangnya.

Sejauh ini, Kementerian Kehakiman juga belum memberikan keterangan atas penangakapan atau peran Maiga dalam kesepakatan itu.

Maiga menjabat sebagai perdana menteri dari 2017 hingga 2019, dan dipandang sebagai kandidat potensial dalam pilpres yang dijanjikan pemerintahan sementara pada tahun depan.

Banyak kritikus menyebut pemerintahan Keita yang digulingkan pada Agustus lalu penuh korupsi. Ia bahkan membayar lebih dari kesepakatan pembelian jet, yang menyebabkan skandal politik. Hal ini membuat Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia mebekukan pembiayaan untuk Mali.

Saat ini pemerintahan transisi Mali dipimpin oleh seorang kolonel yang memimpin kudeta, yaitu Assimi Goita. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA