Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan Australia: Seluruh Anggota ADF Sudah Tinggalkan Afghanistan dan Kini Berada di UEA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 27 Agustus 2021, 12:44 WIB
Menhan Australia: Seluruh Anggota ADF Sudah Tinggalkan Afghanistan dan Kini Berada di UEA
Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton/Net
rmol news logo Seluruh anggota Angkatan Pertahanan Australia (ADF) dipastikan sudah meninggalkan Afghanistan pada Kamis (26/8) waktu setempat, dan kini mereka tengah berada di Uni Emirat Arab.

Informasi tersebut dikonfirmasi Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton pada Jumat (27/8).

"Saya sangat senang dan lega bahwa tentara kami telah berangkat dari Kabul dan kami mengambil keputusan untuk mengangkat orang terakhir kami kemarin, dan mereka aman di Uni Emirat Arab dan saya sangat senang untuk itu," katanya, seperti dikutip dari 9News.

Dutton mengatakan keputusan penghentian evakuasi dilakukan setelah Pemerintah Federal menerima informasi intelijen terkait serangan yang melibatkan afiliasi ISIS di Afghanistan.

Menurutnya,  jika situasi itu terus berlangsung mereka akan melihat korban bertambah. Mereka tidak dapat terus menempatkan personel ADF dan nyawa mereka dalam bahaya.

"Pasukan kita akan hancur karena kehilangan rekan-rekan mereka. Ini adalah orang-orang yang telah bekerja bersama mereka selama seminggu terakhir," lanjutnya.

Dutton juga mengatakan Afghanistan sekarang berada dalam kekacauan lebih lanjut.

"Orang-orang ini (ISIS-K) lebih ekstrem daripada Taliban dan pada dasarnya berperang dengan Taliban. Ini adalah situasi yang sangat kompleks," kata Dutton.

Sementara Menteri Luar Negeri Marise Payne kembalibmengulangi peringatan pemerintah bahwa pemegang visa Australia yang masih berada di Afghanistan tidak boleh melakukan perjalanan ke bandara internasional Kabul.

"Saran perjalanan baru mengatakan penerbangan evakuasi Australia dari Kabul telah dihentikan," katanya.

 "Ada ancaman serangan teroris yang sedang berlangsung dan tinggi, ledakan telah terjadi di sekitar Bandara Internasional Kabul Hamid Karzai," kata Payne. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA