Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diam-diam Pentagon Sudah Jalin Komunikasi dengan Militer China, Ini yang Dibahas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Agustus 2021, 09:31 WIB
Diam-diam Pentagon Sudah Jalin Komunikasi dengan Militer China, Ini yang Dibahas
Pentagon/Net
rmol news logo Sejak dinyatakan sebagai ujian geopolitik terbesar oleh Pemerintahan Joe Biden, hampir tidak ada pertukaran komunikasi militer antara Beijing dan Washington.

Bahkan hingga saat ini, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin belum juga melakukan komunikasi dengan mitranya dari China. Para pejabat AS mengatakan itu terjadi sebagian karena ada perdebatan tentang pejabat China mana yang merupakan mitra Austin.

Namun, momen dingin itu nampaknya sudah mulai mencair saat seorang pejabat AS mengkonfirmasi kepada Reuters pada Jumat (27/8), bahwa seorang pejabat Pentagon untuk pertama kalinya telah berkomunikasi dengan militer China.

Pejabat Pentagon yang dimaksud adalah Michael Chase, wakil asisten menteri pertahanan untuk China.

Chase dikatakan melakukan komunikasi dengan Mayor Jenderal China Huang Xueping, wakil direktur Kantor Tentara Pembebasan Rakyat untuk Kerjasama Militer Internasional.

"(Mereka) menggunakan Tautan Telepon Pertahanan AS-RRT hari ini untuk melakukan konferensi video yang aman," kata pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim.

"Chase fokus pada mengelola krisis dan risiko," tambah pejabat itu.

Langkah itu dilakukan ketika ketegangan dengan China meningkat atas segala hal mulai dari hak asasi manusia hingga tindakan China di laut China Selatan.

Hubungan antara China dan Amerika Serikat semakin tegang. Dua ekonomi terbesar dunia itu bentrok dalam segala hal mulai dari Taiwan dan catatan hak asasi manusia China hingga aktivitas militernya di Laut China Selatan.

Sejak Donald Trump yang dikenal keras pada China lengser, Washington di bawah Biden telah meningkatkan sanksi terhadap Beijing atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang dan Hong Kong.

Biden juga telah secara luas berusaha untuk menggalang sekutu dan mitra untuk membantu melawan apa yang dikatakan Gedung Putih sebagai kebijakan ekonomi dan luar negeri China yang semakin memaksa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA