Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Solusi Embargo Keuangan AS, Kuba Bakal Jadikan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran Resmi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Agustus 2021, 10:30 WIB
Solusi Embargo Keuangan AS, Kuba Bakal Jadikan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran Resmi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Di tengah kesulitan transaksi keuangan akibat embargo yang diberlakukan oleh AS, Pemerintah Kuba mulai mempertimbangkan untuk mengakui dan mengatur mata uang kripto sebagai alat pembayaran resmi di pulau itu.

Rencana tersebut diterbitkan dalam sebuah resolusi di Official Gazette.

Dalam resolusi disebutkan bahwa Bank Sentral akan menetapkan aturan untuk mata uang tersebut dan menentukan bagaimana melisensikan penyedia layanan terkait di Kuba.

Resolusi tersebut juga mengatakan Bank Sentral dapat mengizinkan penggunaan cryptocurrency untuk alasan kepentingan sosial ekonomi tetapi dengan negara yang memastikan bahwa operasi mereka dikendalikan.

Ia juga secara eksplisit mencatat bahwa operasi tidak dapat melibatkan kegiatan ilegal.

Popularitas mata uang Kripto semakin tumbuh di antara kelompok yang paham teknologi di Kuba karena semakin sulit menggunakan dolar, sebagian karena aturan embargo yang diperketat yang diberlakukan di bawah mantan Presiden Donald Trump.

Baru-baru ini, negara Amerika Tengah El Salvador telah lebih dulu mengumumkan akan mengakui penggunaan cryptocurrency Bitcoin sebagai cara untuk mendorong pengiriman uang dari warganya yang tinggal di luar negeri.

Mata uang, yang nilainya bisa naik turun secara liar, biasanya tidak tergantung pada bank sentral mana pun dan menggunakan kode komputer blockchain yang didistribusikan secara luas untuk melacak transfer.

Karena dapat digunakan untuk transaksi jarak jauh yang seharusnya anonim, Bitcoin menjadi populer di antara orang-orang yang mencoba untuk menghindari peraturan pemerintah - mungkin termasuk pembatasan AS untuk mengirim uang ke tempat-tempat seperti Kuba.

Dilaporkan Bloomberg, seorang ahli cryptocurrency lokal, programmer Erich García, mengatakan beberapa orang Kuba sudah menggunakan perangkat semacam itu, seringkali melalui kartu hadiah yang dibeli secara online. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA