Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Tajikistan: Perlu Adanya Pemerintahan yang Inklusif di Kabul, Termasuk untuk Etnis Tajik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Agustus 2021, 22:38 WIB
Presiden Tajikistan: Perlu Adanya Pemerintahan yang Inklusif di Kabul, Termasuk untuk Etnis Tajik
Presiden Tajikistan Emamoli Rahmon/Net
rmol news logo Tajikistan  menjadi perhatian dunia di hari pertama kelompok Taliban menduduki Kabul dan menggulingkan pemerintahan Presiden Ashraf Ghani. Ini bukan saja karena isu bahwa Ghani melarikan diri ke negara itu, tetapi juga karena hubungan dekatnya dengan Afghanistan.

Afghanistan dan Tajikistan berbagi perbatasan sepanjang 1.300 kilometer yang sebagian besar berada di medan yang berat dan tidak terlindungi. Secara etnis, keduanya memiliki bahasa dan budaya yang saling terhubung. Sehingga, apa yang terjadi di Afghanistan tidak berhenti sampai di perbatasan saja, melainkan berimbas hingga ke wilayah Tajik, dan sebaliknya.

Sejak dulu, Tajikistan adalah rumah bagi para pengungsi Afghanistan. Meskipun belum ada informasi resmi, tetapi diperkirakan sejak Juli lalu jumlah warga Afghanistan yang mencari perlindungan di Tajikistan mencapai 1.500-an, termasuk para tentara yang ketakutan.

Saat pengambilalihan Afghanistan, Pemerintah Tajikistan membuat ketentuan untuk melindungi 100.000 pengungsi Afghanistan.

Pengambilalihan itu sendiri membuat Tajikistan kecewa. Ada kekhawatiran bahwa dengan berkuasanya Taliban, akan mendorong munculnya kelompok-kelompok serupa di Tajikistan.

Para elit bahkan mengkhawatirkan munculnya kelompok baru yang berorientasi Pushtun yang akan berusaha membalas dendam pada Tajik dan minoritas non-Pashtun lainnya di Afghanistan. Pashtun, yang juga dikenal sebagai Pushtan, adalah kelompok etnis terbesar di Afganistan. Keturunan Pahstun diyakini berasal dari Persia yang bermigrasi ke wilayah Asia Tengah. Mayoritas Pashtun beragama Islam Sunni yang menghuni wilayah perbatasan Pakistan-Afganistan.

Hanya orang-orang garis keras yang senang melihat Taliban naik ke tampuk kekuasaan.

Presiden Tajikistan Emamoli Rahmon telah tegas mengatakan bahwa negaranya tidak akan mengakui Pemerintahan Afghanistan yang eksklusif dan tidak merepresentasikan seluruh kelompok etnis.

Afghanistan memiliki belasan kelompok etnis yang beragam. setidaknya ada 14 kelompok etnis yang diakui di Afghanistan, salah satunya terbesar adalah Pashtun, dengan 50 persen dari total penduduk Afghanistan. Taliban sendiri dimulai dan didominasi oleh orang-orang Pashtun.

Lalu ada kelompok etnis Tajik, diikuti dengan Hazara dan Uzbek sebesar 9 persen.

Dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi, Rahmon mengatakan bahwa ia kecewa karena Taliban gagal memenuhi janjinya dalam membentuk pemerintahan yang inklusif.

Pakistan secara luas dipandang sebagai pendukung Taliban.

“Fakta-fakta menunjukkan bahwa Taliban mengingkari janji-janji awalnya untuk membentuk pemerintahan sementara dengan partisipasi luas dari kekuatan politik lainnya di Afghanistan, dan tengah bersiap-siap membentuk sebuah imarah Islam,” ujar Rakhmon, seperti dikutip dari Reuters.

Pernyataan Rahmon mendapat sambutan dari seluruh warga Tajik, membuat pamor Rahmon melonjak. Rahmon telah berupaya mencegah konflik lebih luas, sekaligus menopang posisinya.

Tajikistan tidak keberatan untuk memiliki rekonsiliasi nasional yang efisien di negara tetangga di mana etnis Tajik merupakan hampir 45 persen dari populasi, dan hanya dengan syarat-syarat tertentu yang layak untuk seluruh komunitas etnis Tajik lokal.

Profesor Ilmu Politik di Universitas Nasional Ilmu Kehidupan dan Lingkungan Ukraina Valentin Yakushev, mengataka bahwa retorika keras anti-Taliban dari Presiden Tajikistan didasarkan pada logika dua lapis.

"Yang pertama yaitu untuk konsumsi internal di Tajikistan, untuk memproyeksikan dirinya sebagai orang kuat, dan yang kedua adalah pesan eksternal untuk etnis Tajik di mana pun, bahwa harus yakin mereka selalu dapat mengandalkan dukungan kerabat, rakyat, dan negara Tajikistan," kata Yakushev.

Melalui peristiwa Afghanistan, Tajikistan dapat menemukan kesempatan untuk membuat kehadirannya lebih terlihat di panggung dunia. Apalagi seruan Rahmon telah bergema di penjuru dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA