Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selandia Baru Catat Kasus Kematian Terkait Efek Samping Vaksin Pfizer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 30 Agustus 2021, 13:10 WIB
Selandia Baru Catat Kasus Kematian Terkait Efek Samping Vaksin Pfizer
Vaksin Covid-19 Pfizer/Net
rmol news logo Selandia Baru mencatat kasus kematian pertama yang terkait dengan vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan farmasi Amerika, Pfizer.

Kementerian Kesehatan Selandia Baru pada Senin (30/8) melaporkan kematian seorang wanita setelah ia menerima vaksin Pfizer. Sejauh ini identifikasi mengenai wanita itu, termasuk usianya, tidak diberikan oleh pemerintah.

Menurut dewan pemantau keamanan vaksin Covid-19 independen, kematian wanita itu dikarenakan miokarditis, yang dikenal sebagai efek samping langka dari vaksin Pfizer.

Miokarditis adalah peradangan pada otot jantung yang dapat membatasi kemampuan organ untuk memompa darah dan dapat menyebabkan perubahan ritme detak jantung.

"Ini adalah kasus pertama di Selandia Baru di mana kematian terjadi beberapa hari setelah vaksinasi dikaitkan dengan vaksin Covid-19 Pfizer," kata kementerian, seperti dikutip Reuters.

Kementerian mengatakan, kasus tersebut telah dirujuk ke koroner dan penyebab kematiannya belum ditentukan. Namun dewan independen, telah menganggap bahwa miokarditis mungkin karena vaksinasi.

Dewan juga mencatat bahwa ada masalah medis lain yang terjadi pada saat yang sama yang mungkin mempengaruhi hasil setelah vaksinasi.

"Manfaat vaksinasi dengan vaksin Covid-19 Pfizer terus jauh lebih besar daripada risiko infeksi Covid-19 dan efek samping vaksin, termasuk miokarditis," lanjut dewan memperingatkan.

Selandia Baru telah mengeluarkan izin sementara untuk vaksin Pfizer-BioNTech, Janssen, dan AstraZeneca. Namun sejauh ini hanya vaksin Pfizer yang telah diizinkan diluncurkan ke publik.

Di saat yang sama, Selandia Baru juga tengah berjuang melawan lonjakan kasus Covid-19 dengan menyebarnya varian Delta.

Pada Senin, Selandia Baru mencatat 53 kasus baru Covid-19, sehingga totalnya wabah terbaru saat ini menjadi 562 kasus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA