Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantah Gosip Mundur dari Vatikan, Paus Fransiskus Bakal Kunjungi Konferensi Iklim di Glasgow

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 02 September 2021, 06:31 WIB
Bantah Gosip Mundur dari Vatikan, Paus Fransiskus Bakal Kunjungi Konferensi Iklim di Glasgow
Paus Fransiskus/Net
rmol news logo Desas-desus bahwa Paus Fransiskus sedang mempertimbangkan untuk mengundurkan diri dari posisinya dan menjadi Paus Emeritus, terjawab dalam wawancara selama satujam dengan Radio Spanyol COPE pada Rabu (1/9).

Paus, yang sebelumnya dirawat selama 10 hari di rumah sakit karena operasi usus besar, dengan tegas menolak kabar tersebut, menyatakan bahwa hal itu sama sekali tidak terlintas di pikirannya.

“Setiap kali seorang Paus sakit, selalu ada angin sepoi-sepoi atau badai tentang konklaf,” kata Paus Fransiskus.

Pria berusia 84 tahun itu menjalani operasi pada Juli di rumah sakit Gemelli Roma untuk mengangkat setengah dari usus besarnya, setelah ia menderita penyempitan usus besar yang parah. Setelah prosedur tiga jam yang berhasil, paus tetap harus dirawat di rumah sakit selama 10 hari, sebelum akhirnya diperbolehkan pulang.

"Dokter telah menyelamatkan nyawa saya," katanya.

Ini adalah operasi besar pertama yang dilakukan Paus Fransiskus sejak naik ke kepausan pada 2013. Ketika dia masih muda, satu paru-parunya diangkat setelah dia tertular infeksi dan menderita radang paru-paru yang parah.

Desas-desus mundurnya Paus telah diterbitkan pada bulan Agustus oleh surat kabar Italia Libero, menyiratkan para kardinal bertemu untuk memilih paus baru, yang terjadi hanya jika pemimpin kepausan meninggal atau mengundurkan diri.

Outlet media tersebut juga mengabarkan bahwa Paus Fransiskus telah berbicara dengan tokoh-tokoh di dalam gereja tentang pengunduran dirinya sekitar ulang tahunnya yang ke-85, Desember ini.

Paus Fransiskus dijadwalkan mengunjungi sejumlah negara dalam beberapa bulan mendatang, termasuk Hongaria dan Slovakia pada 12-15 September, dan konferensi iklim COP26 di Glasgow pada November.  

Paus juga menegaskan rencana perjalanannya ke Siprus, Yunani dan Malta, meskipun dia tidak menentukan kapan dia berharap untuk mengunjungi negara-negara itu. [}

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA