Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kutip Pernyataan Ketua Mao Zedong, China: Afghanistan adalah Negara Heroik dan Tidak Pernah Menyerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 02 September 2021, 07:55 WIB
Kutip Pernyataan Ketua Mao Zedong, China: Afghanistan adalah Negara Heroik dan Tidak Pernah Menyerah
Mao Zedong, pendiri negara Republik Rakyat Tiongkok/Net
rmol news logo Sebuah pujian meluncur dari pemerintah China untuk Afghanistan lewat pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin pada Rabu (1/9) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pernyataannya, Wang mengutip kata-kata Ketua Mao Zedong, seorang tokoh filsuf dan pendiri negara Republik Rakyat Tiongkok, yang berbunyi: "Afghanistan adalah negara heroik dan tidak pernah menyerah."

Selain melemparkan pujian, Wang juga menyampaikan sejumlah harapan China kepada para pemangku kepentingan di Afghanistan yang baru.

"China dengan tulus berharap pihak-pihak terkait di Afghanistan akan membentuk sistem politik yang terbuka dan inklusif, mengejar kebijakan domestik dan luar negeri yang moderat dan stabil, serta memutuskan hubungan sepenuhnya dengan semua organisasi teroris," kata Wang, seperti dikutip dari CGTN.

Wang membuat pernyataan itu sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang laporan bahwa Taliban akan mengumumkan pemerintahan baru pada Jumat (3/9).

"China dan Afghanistan adalah negara sahabat. China tidak ingin menyakiti Afghanistan, begitu pula Afghanistan," kata Wang, seraya menambahkan bahwa kedua negara saling mendukung.

"China akan, seperti biasa, mengejar kebijakan bersahabat untuk semua rakyat Afghanistan, menghormati kemerdekaan berdaulat Afghanistan dan integritas teritorial, menahan diri dari campur tangan dalam urusan internal Afghanistan, dan terus memberikan bantuan dalam kemampuannya untuk rekonstruksi damai Afghanistan," demikian Wang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA