Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mirip Pentagon, Begini Bentuk Markas Pertahanan Raksasa Baru Turki

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 02 September 2021, 10:21 WIB
Mirip Pentagon, Begini Bentuk Markas Pertahanan Raksasa Baru Turki
Markas Kementerian Pertahanan Nasional Turki yang disebut Crescent Star atau Bulan Sabit Bintang/Net
Turki mengumumkan proyek pembangunan markas baru untuk Kementerian Pertahanan Nasional, yaitu sebuah kompleks rakasa yang disebut "Crescent Star" atau Bulan Sabit Bintang.

Proyek ini juga dinamakan "Pentagon Turki" lantaran bentuknya yang memiliki beberapa kesamaan dengan markas militer Amerika Serikat (AS).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, kompleks itu diharapkan akan selesai pada Mei 2023, pada malam pemilihan umum. Nantinya bangunan itu akan menjadi markas bagi 15 ribu anggota Kementerian Pertahanan Nasional.

"Kami akan membangun struktur di sini yang akan menyerang musuh kami dengan rasa takut dan memberikan kepercayaan kepada teman-teman kami," kata Erdogan, seperti dikutip Sputnik.

Menurut rencana, markas akan terdiri dari beberapa bangunan dengan keseluruhan ruang kantor diperkirakan mencapai 0,88 kilometer persegi, atau lebih besar dari Pentagon yang berukuran 0,6 kilometer persegi.

Dari rancangan 3D-nya, markas itu memiliki bangunan berbentuk bulan sabit dan bintang, mirip bendera Turki, di bagian tengahnya.

Bangunan berbentuk bintang akan digunakan sebagai pintu masuk dan pusat pameran, sedangkan bulan sabit akan mencakup area luar yang dirancang untuk mengadakan berbagai upacara.

ARTIKEL LAINNYA