Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India dan Kolombia Bakal Teken MOU Kerja Sama Luar Angkasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 03 September 2021, 12:14 WIB
India dan Kolombia Bakal Teken MOU Kerja Sama Luar Angkasa
Ilustrasi/Net
rmol news logo Akhir pekan ini, pemerintah India dan Kolombia akan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang kerja sama dalam eksplorasi dan penggunaan Luar Angkasa untuk Tujuan Damai.

Kabar itu disampaikan sumber diplomatik terkemuka kepada Financial Express Online yang dirilis pada Kamis (2/9).

“India dikenal karena industri luar angkasa dan kemajuan teknologinya, oleh karena itu Kolombia sangat tertarik untuk menerima kerja sama di bidang ini," katanya.

Komisi Luar Angkasa Kolombia bersama dengan Kementerian Sains dan Teknologi dan Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) telah berdiskusi mengenai rancangan MoU tersebut.

MoU kemungkinan akan mencakup beberapa sektor, seperti: Penginderaan jauh,  komunikasi satelit dan navigasi berbasis satelit, ilmu luar angkasa dan eksplorasi planet.

Selain itu juga ada pemantauan, pencegahan dan pengurangan sampah antariksa,  pengoperasian pesawat ruang angkasa dan  aplikasi praktis teknologi ruang angkasa, termasuk alat dan teknik geospasial, dan bidang kerja sama lainnya.
“Tujuannya adalah untuk mengarahkan dan mengatur sektor ini untuk kemajuannya dan meluncurkan kebijakan jangka panjang, di mana eksplorasi luar angkasa memiliki hubungan penting dengan Penelitian dan Pengembangan," kata diplomat yang tidak mau disebutkan namanya itu.

India memiliki pengalaman dan melakukan Penelitian dan Pengembangan dalam eksplorasi luar angkasa yang membuka berbagai bidang untuk pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian dan tentu saja kemajuan teknologi, menurutnya.

Selain India, Kolombia juga sedang merundingkan MoU dengan Brazil untuk kerjasama di luar angkasa.

Pada 28 November 2018, satelit nano pertama (dan satu-satunya) Kolombia diluncurkan ke luar angkasa dari Pusat Luar Angkasa Satish Dhawan, di Sriharikota, India, dengan Kendaraan Peluncuran Satelit Kutub oleh ISRO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA