Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Minyak Bocor di Teluk Meksiko Usai Badai Ida, AS Gotong Royong Bersih-bersih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 September 2021, 12:38 WIB
Minyak Bocor di Teluk Meksiko Usai Badai Ida, AS Gotong Royong Bersih-bersih
Tumpahan minyak di Teluk Meksiko setelah wilayah itu diterjang Badai Ida/Net
rmol news logo Badai Ida Kategori 4 yang menghantam Louisiana beberapa hari lalu meninggalkan tumpahan minyak yang cukup besar di Teluk Meksiko.

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (4/9) mulai melakukan pembersihan dengan tim penyelam swasta diterjunkan ke bawah air untuk menemukan sumber kebocoran.

Jurubicara Penjaga Pantai AS Letnan John Edwarss mengatakan, koperasi respon tumpahan minyal nirlaba, Clean Gulf Associated, telah mengupayakan langkah pencegahan agar minyak tidak menyebar ke perairan yang lebih luas. Sejauh ini, tumpahan tidak berdampak ke garis pantai Louisiana.

Belum ada perkiraan berapa banyak minyak yang tumpah. Tetapi dari gambar satelit terlihat minyak melapisi perairan dari 19 kilometer ke arah timur di sepanjang pantai Teluk. Sementara itu baru sekitar 42 galon atau 160 liter minyak yang baru dikeluarkan dari air.

Edwards mengatakan tim respons sedang memantau laporan dan citra satelit untuk menentukan ruang lingkup kebocoran.

Dikutip dari Al Jazeera, tumpahan minyak tampaknya berasal dari sumber bawah air, di Bay Marchand, Blok 4, sekitar 3 kilometer ke selatan dari Port Fourchon di Louisiana. Itu merupakan pipa minyak bawah laut milik Talos Energy yang berbasis di Houston.

Jurubicara Talos Energy, Brian L Grove, mengatakan telah menyewa Clean Gulf Associates untuk menanggapi tumpahan meskipun perusahaan yakin tidak bertanggung jawab atas tumpahan minyak.

Talos juga akan mengirimkan tim penyelam untuk menentukan sumber tumpahan pada Minggu (5/9).

"Talos akan terus bekerja sama dengan Penjaga Pantai AS dan lembaga negara bagian dan federal lainnya untuk mengidentifikasi sumber pelepasan dan mengoordinasikan respons yang berhasil. Prioritas utama perusahaan adalah keselamatan semua personel dan perlindungan masyarakat dan lingkungan," kata perusahaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA