Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Qatar Siap Operasikan Penerbangan Bantuan Harian ke Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 06 September 2021, 02:47 WIB
Qatar Siap Operasikan Penerbangan Bantuan Harian ke Afghanistan
Qatar siap mengoperasikan penerbangan bantuan harian ke Kabul, Afghanistan selama beberapa hari ke depan/Net
rmol news logo Qatar siap mengoperasikan penerbangan bantuan harian ke Kabul, Afghanistan selama beberapa hari ke depan.

Penerbangan bantuan itu akan membawa pasokan kebutuhan sehari-hari bagi warga Afghanistan, usai banyak pasokan bantuan asing yang dihentikan sementara ke Afghanistan setelah Taliban mengambil alih kekuasaan di negara itu pertengahan Agustus lalu.

Menurut data Organisasi Internasional untuk Migrasi, setengah dari 40 juta orang Afghanistan, termasuk 10 juta anak-anak, membutuhkan bantuan kemanusiaan pada awal tahun ini. Namun setelah Taliban mengambilalih kekuasaan di Afghanistan, kebutuhan diperkirakan akan meningkat.

Di tengah gejolak politik yang terjadi di Afghanistan, Qatar muncul sebagai lawan bicara utama antara negara-negara Barat dan Taliban. Bukan tanpa alasan, Qatar telah mengembangkan hubungan dekat dengan kelompok militan itu dengan menjadi tuan rumah kantor politik Taliban sejak 2013.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Qatar (Minggu, 5/9), seperti dikabarkan Channel News Asia, penerbangan pertama bantuan Qatar yang membawa pasokan medis dan produk makanan telah tiba di Kabul pada akhir pekan ini. Duta Besar Qatar untuk Afghanistan Saeed bin Mubarak Al Khayareen berada di bandara untuk menyambut kedatangan bantuan pertama itu.

Selain bantuan pasokan kebutuhan sehari-hari, Qatar juga telah mengambil peran dalam pembukaan kembali bandara internasional di Kabul. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA