Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Emmanuel Macron: Prancis Ingin Membuka Babak Baru Hubungan dengan Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 06 September 2021, 10:41 WIB
Emmanuel Macron: Prancis Ingin Membuka Babak Baru Hubungan dengan Iran
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Iran Ebrahim Raisi/Net
rmol news logo Prancis mengajak Iran untuk meninjau kembali hubungan kedua negara dan mempersiapkan lembaran baru kerjasama di berbagai bidang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron kepada Presiden Iran Ebrahim Raisi lewat panggilan telepon mereka pada Minggu (5/9).

"Kita harus memulai gerakan baru dengan poros baru dalam hubungan kedua negara dan memulai hubungan di berbagai bidang kerjasama politik, ekonomi, budaya, dan regional,” kata Macron, seperti dikutip kantor kepresidenan Iran.

Sementara itu, Raisi mengatakan bahwa Iran menyambut baik proposal Macron untuk meninjau hubungan antara kedua negara dan memulai babak baru dalam hubungan bilateral dan kerjasama regional Teheran-Paris.

"Pemerintah Iran menyambut baik perkembangan hubungan dengan Prancis, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan, dan kami siap memulai kerja sama komprehensif dengan Eropa dari Prancis," ujar Raisi.

Dalam kesempatan itu, Raisi mengulangi seruannya untuk pencabutan sanksi demi menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran, Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) 2015.

Kedua pemimpin juga membahas perkembangan terakhir di Afghanistan, sepakat bahwa pemerintahan masa depan di negara itu harus mencerminkan kehendak rakyat Afghanistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA