Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Terkejut dengan Kematian Duta Besar Jerman untuk China yang Tiba-tiba, Merkel Ungkapkan Rasa Kehilangan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 September 2021, 00:41 WIB
Terkejut dengan Kematian Duta Besar Jerman untuk China yang Tiba-tiba, Merkel Ungkapkan Rasa Kehilangan
Kanselir Angela Merkel, Jan Hecker/Net
Jerman sedang sangat berduka atas meninggalnya orang kepercayaan Kanselir Angela Merkel, Jan Hecker.

Hecker adalah Duta Besar Jerman untuk China yang baru menjabat.

Meninggalnya Hecker secara mendadak membuat Merkel terkejut. Lewat pernyataan tertulisnya ia mengungkapkan kesedihan mendalam karena telah kehilangan seseorang yang selama bertahun-tahun telah bekerja bersamanya.

"Saya sangat terkejut dengan kematian Jan Hecker," kata Merkel, seperti dikutip dari CNN, Senin (6/9).

"Saya berduka atas kehilangan seorang penasihat yang sangat terhormat selama bertahun-tahun, dengan kemanusiaan yang mendalam dan keahlian yang luar biasa. Saya memikirkan kerja sama kami dengan rasa terima kasih dan senang telah begitu dekat dengannya selama bertahun-tahun. Simpati terdalam saya untuk istri dan anak-anaknya, juga semua kerabatnya yang saat ini sedang sangat berduka," lanjut Merkel.

Hecker, 54 tahun, pernah menjadi penasihat senior kebijakan luar negeri Kanselir Angela Merkel.

Meninggalnya diplomat yang baru bertugas kurang dari dua pekan di Beijing, dikonfirmasi Kantor Luar Negeri Federal Jerman pada Senin (6/9) waktu setempat.

"Dengan kesedihan dan kekecewaan yang mendalam kami mengetahui kematian mendadak Duta Besar Jerman untuk China," kata Kantor Luar Negeri Federal dalam sebuah pernyataan singkat di situs webnya, seperti dikutip dari Reuters.

"Pikiran kami saat ini adalah dengan keluarganya dan orang-orang yang dekat dengannya," tambah kantor tersebut, menolak memberikan komentar lebih lanjut.

Hingga saat berita ini diturunkan keadaan seputar kematian diplomat itu belum dirilis.

"Hecker tampak bahagia dan baik-baik saja selama acara yang ia selenggarakan di rumahnya di Beijing Jumat lalu," kata salah satu tamu dalam acara kepada Reuters.

Hecker secara resmi diterima oleh otoritas China pada 24 Agustus 2021.

Saat memperkenalkan duta besar ke-14 mereka untuk China, kedutaan Jerman mengatakan tujuan utamanya adalah untuk memastikan perkembangan jangka panjang dan stabil hubungan Jerman-China demi kepentingan rakyat kedua negara.

Hecker dilaporkan tiba di Beijing pada 1 Agustus, tetapi dalam perannya sebagai orang kepercayaan dekat Merkel, dia tampaknya berencana untuk terbang kembali ke Jerman dan terus bekerja dengan kanselir sampai akhir masa jabatannya.

Namun, karena "situasi diplomatik" yang rumit baru-baru ini, mungkin terkait dengan pengambilalihan Afghanistan oleh Taliban, pemerintah federal memerintahkannya untuk tinggal di China.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA