Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dideportasi dari Suriah, Tiga Wanita Langsung Diringkus Polisi Swedia Terkait ISIS

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 September 2021, 11:50 WIB
Dideportasi dari Suriah, Tiga Wanita Langsung Diringkus Polisi Swedia Terkait ISIS
Ilustrasi/Net
Pihak kepolisian swedia berhasil meringkus tiga wanita yang terkait dengan kelompok militan ISIS. Kedua wanita itu  baru datang dari Suriah, satu di antaranya dilaporkan sedang diselidiki karena kejahatan perang.

Juru bicara kepolisian Stockholm Ola Osterling mengatakan pada Senin (6/9), bahwa penangkapan yang mereka lakukan sesuai dengan perintah yang dikeluarkan jaksa yang memimpin penyelidikan atas kejahatan dua wanita tersebut.

“Kami mengeksekusi keputusan itu ketika pesawat tiba di Stockholm pada sore hari,” kata Osterling kepada AFP.

“Seorang wanita ketiga telah dibawa untuk diinterogasi,” tambahnya.

Media Swedia SVT melaporkan bahwa para wanita itu sebelumnya telah ditahan di kamp-kamp di Suriah utara, tetapi mereka kemudian dideportasi oleh otoritas Kurdi karena tidak memiliki cukup bukti untuk menuntut mereka.

Sebuah pernyataan dari Otoritas Penuntutan mengatakan bahwa pihaknya memang tengah melakukan beberapa penyelidikan terhadap pria dan wanita yang kembali dari daerah yang telah dikendalikan oleh ISIS.

“Kejahatan internasional yang relevan bagi orang-orang yang kembali dari wilayah yang dikuasai ISIS adalah kejahatan perang, genosida, dan kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata jaksa penuntut umum Reena Devgun dalam pernyataannya.

“Swedia memiliki komitmen internasional untuk menyelidiki dan menuntut kejahatan ini,” tambahnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA