Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Di Mexico City, Pemerintah Venezuela dan Oposisi Capai Kesepakatan Demi Akhiri Krisis Politik

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 07 September 2021, 13:17 WIB
Di Mexico City, Pemerintah Venezuela dan Oposisi Capai Kesepakatan Demi Akhiri Krisis Politik
Presiden Venezuela Nicolas Maduro/Net
Pemerintah Venezuela dan perwakilan oposisi telah mencapai kesepakatan selama pembicaraan di Mexico City sebagai bagian dari upaya mengatasi krisis politik.

Dalam pernyataan bersama yang dirilis pada Senin (6/9), kedua belah pihak mengatakan negosiasi telah dilakukan dari tanggal 3 hingga 6 September.

Mereka mengatakan, beberapa kesepakatan yang telah disepakati meliputi tindakan sosial, terutama terkait Covid-19, dan sengketa teritorial dengan negara tetangga Guyana.

Sementara pembahasan mengenai langkah-langkah ekonomi, seperti hak penarikan khusus dengan Dana Moneter Internasional (IMF) akan dibahas pada putaran dialog selanjutnya.

"Kemajuan dibuat dalam mekanisme konsultasi dengan aktor politik dan sosial, membuat mereka seinklusif mungkin," kata mereka dalam pernyataan itu, seperti dikutip Reuters.

Dialog antara pemerintah Venezuela dan oposisi telah dilakukan sejak bulan lalu.

"Perjalanan kami masih panjang, kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, kami memiliki banyak masalah untuk didiskusikan, tetapi hari ini kami telah menunjukkan bahwa kami dapat mengatakan hal-hal tersulit kepada diri kami sendiri," kata Presiden Kongres Venezuela sekaligus pemimpin tim negosiasi Nicolas Maduro, Jorge Rodriguez.

Rodriguez mengatakan, setelah kesepakatan awal dicapai, perwakilan dari kedua belah pihak akan kembali ke meja di Meksiko pada akhir bulan.

Dialog intra-Venezuela dilakukan setelah kisruh politik yang diawali sejak pemilu 2018, dengan Maduro dituding melakukan kecurangan.

Sebelum dialog di Mexico City, keduanya juga telah melakukan upaya negosiasi dengan difasilitas berbagai pihak, termasuk Norwegia, Belanda, Rusia, Bolivia, dan Turki.

ARTIKEL LAINNYA