Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kudeta di Guinea Dapat Berpengaruh Terhadap Proyek-proyek China Terutama Bijih Besi dan Aluminium

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 September 2021, 15:32 WIB
Kudeta di Guinea Dapat Berpengaruh Terhadap Proyek-proyek China Terutama Bijih Besi dan Aluminium
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kudeta di Guinea yang ditandai dengan penahanan Presiden Alpha Conde oleh pihak militer, mau tidak mau akan mempengaruhi China yang menggantungkan bijih besi dan aluminiumnya dari negara Afrika itu, setelah sebelumnya menggantungkannya pada Australia di tengah ketegangan perdagangan kedua negara.

Dan tentu saja, perubahan politik di Guinea akan mempengaruhi dunia secara luas, karena negara tersebut memainkan peran penting dalam menyediakan bahan pakan industri ke China, pabrik dunia. Sekitar 50 persen dari semua bauksit impor China dikirim ke luar negeri. Bauksit adalah bahan baku untuk aluminium, logam nonferrous yang paling dibutuhkan di dunia yang digunakan dalam daftar panjang produk modern dari iPhone dan pesawat terbang hingga mobil dan furnitur.

Bagi sejumlah pengamat, peristiwa kudeta Guinea juga akan menguji kemampuan China untuk melindungi kepentingannya di luar negeri, di mana mereka mencurahkan peningkatan jumlah sumber daya ke Afrika senilai 110 miliar dolar AS pada 2019.

China adalah produsen dan konsumen aluminium terbesar di dunia. Pada tahun 2020, China mengimpor 52,7 juta ton bauksit dari Guinea. Sebanyak 14 perusahaan milik negara dan swasta China terlibat dalam bisnis aluminium di Guinea, menurut perusahaan riset industri aluminium Antaike.

Guinea adalah rumah bagi proyek Simandou, deposit bijih besi terbesar di dunia yang belum dikembangkan. Proyek ini telah mengumpulkan cadangan lebih dari 10 miliar ton bijih besi bermutu tinggi, dan perusahaan-perusahaan China telah banyak berinvestasi dalam proyek pertambangan tersebut.

Wang Guoqing, direktur penelitian di Pusat Penelitian Informasi Baja Lange Beijing, mengatakan bahwa sejak proyek bijih besi Simandou China ditandatangani dengan pemerintah Guinea sebelum kudeta, investasi strategis China dalam bijih besi Simandou mungkin sebenarnya sudah menghadapi risiko tertentu, dan tingkat risiko-risiko ini perlu ditelaah lebih lanjut berdasarkan posisi pemerintahan baru.

Seorang warga negara China bermarga Yuan, yang bekerja untuk sebuah perusahaan perdagangan China-Afrika di Conakry, ibu kota Guinea, mengatakan kepada media China Global Times pada Senin (6/9) bahwa perusahaannya telah ditutup sementara, karena ketidakstabilan di kota. Semua orang China yang dia kenal telah berhenti melakukan kegiatan di luar.

“Teman saya yang tinggal di dekat istana kepresidenan melihat peluru ditembakkan dari jendela mereka,” kata Yuan, mencatat bahwa orang-orang China di negara itu lebih peduli tentang hubungan antara pemerintah baru dan China, dan apakah itu akan mempengaruhi kerjasama dua negara dalam sumber daya alam nasional.

Seorang pejabat memperingatkan beberapa kemungkinan dampak buruk kudeta terhadap investasi China yang ada dan yang akan datang di Guinea.

“Pemerintah baru mungkin berusaha untuk meninjau kontrak yang ditandatangani dan mengusulkan perubahan persyaratan yang ada, termasuk menipiskan saham yang dipegang oleh investor China,” kata pejabat kedutaan.

Kedutaan Besar China di Guinea sendiri telah mewajibkan semua perusahaan China untuk meluncurkan rencana darurat dan meningkatkan keamanan, sementara kantor tersebut menyarankan agar perusahaan China di sana secara aktif melacak persyaratan pemerintah baru yang potensial untuk perusahaan pertambangan.

Sumber yang berbasis di Conakry yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan apa yang benar-benar perlu diselesaikan saat ini tampaknya bukan masalah ekonomi dan perdagangan, tetapi tuntutan politik, dan sikap terhadap proyek pertambangan belum terselesaikan. disebutkan sejauh ini.

Namun demikian, kudeta di Guinea telah menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana melindungi kepentingan China di luar negeri, mengingat China tidak menggunakan kekuatan seperti yang biasa dilakukan oleh kekuatan kolonial.

Analis menunjukkan bahwa sikap China tetap sama dengan sikap PBB, Uni Afrika dan sebagian besar negara di komunitas internasional, jadi ini tidak serta merta membuat rezim militer Guinea memusuhi China secara khusus.

Sumber yang berbasis di Conakry mencatat bahwa siapa pun yang berkuasa, akan selalu ada tuntutan tertentu untuk kerja sama eksternal dengan negara lain, karena dorongan internal ekonomi Guinea tidak memadai. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA