Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Yakin, China dan Iran Punya Deal dengan Taliban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 08 September 2021, 10:05 WIB
Joe Biden Yakin, China dan Iran Punya <i>Deal</i> dengan Taliban
Presiden Joe Biden/Net
rmol news logo Bukan hal baru jika banyak pihak yang mengatakan bahwa China akan melakukan sejumlah kesepakatan dengan kelompok Taliban, setelah militan Islam itu merebut kendali Pemerintahan Afghanistan pada 15 Agustus lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kali ini spekulasi itu dikibarkan lagi dengan pernyataan terbaru Presiden AS Joe Biden pada Selasa (7/9) waktu setempat, hari di mana Taliban mengumumkan susunan pemerintahan sementara Afghanistan.

Biden mengatakan bahwa China memiliki 'masalah nyata' dengan Taliban.

"Jadi mereka akan mencoba membuat kesepakatan dengan Taliban, saya yakin,” kata Biden ketika ditanya apakah dia khawatir China akan mendanai pemberontak Islam.

Tak hanya China, Biden juga menyebut sejumlah negara yang menurutnya punya kepentingan di Afghanistan, termasuk Rusia dan Pakistan.

“Seperti halnya Pakistan, seperti halnya Rusia, seperti halnya Iran. Mereka semua mencoba mencari tahu apa yang mereka lakukan sekarang,” katanya, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/9).

AS dan sekutu Kelompok Tujuh telah sepakat untuk mengoordinasikan tanggapan mereka terhadap Taliban, dan telah memblokir akses Taliban ke cadangan Afghanistan, yang sebagian besar disimpan di AS.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa Taliban tidak akan terpengaruh secara ekonomi dengan sanksi tersebut, seandainya China dan Rusia memberikan dana kepada Taliban.

Taliban telah mengumumkan pemerintah sementara di Afghanistan yang akan dipimpin oleh Mullah Mohammad Hasan Akhund pada Selasa (8/9). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA