Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa 7,0 Magnitudo Guncang Meksiko, Warga Berhamburan Keluar Rumah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 08 September 2021, 10:46 WIB
Gempa 7,0 Magnitudo Guncang Meksiko, Warga Berhamburan Keluar Rumah
Warga berhamburan keluar rumah setelah gempa 7,0 magnitudo mengguncang Meksiko/Reuters
rmol news logo Gempa besar berkekuatan 7,0 magnitudo mengguncang wilayah barat daya Meksiko pada Selasa malam (8/9) waktu setempat.

Dari laporan Reuters, gempa melanda 11 mil timur laut resor Acapulco, Guerrero. Guncangan gempa membuat batu-batuan dari lereng bukit di sekitar Acapulco jatuh dan merusak bangunan, serta menumbangkan pohon.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada awalnya melaporkan kekuatan gempa mencapai 7,4 magnitudo, namun kemudian direvisi menjadi 7,0. Pusat gempa sangat dangkal, hanya 5,5 kilometer di bawah permukaan sehingga memperkuat efek guncangan.

"Mengerikan sekali. Itu benar-benar mengingatkan saya pada gempa 1985 setiap kali hal ini terjadi," kata seorang warga Roma Sur berusia 70 tahun, Yesmin Rizk.

Di lingkungan Roma Sur, Mexico City yang berjarak 375 kilometer dari Acapulco, listrik padam. Guncangan gempa membuat penduduk berhamburan keluar rumah bahkan di tengah guyuran hujan.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan gempa itu tidak menyebabkan kerusakan besar di negara bagian Guerrero, Acapulco, atau wilayah tetangga Oaxaca, atau Mexico City.

"Untungnya tidak ada kerusakan serius. Kami tidak memiliki informasi sejauh ini tentang hilangnya nyawa manusia," ujar Lopez Obrador. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA