Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pesan Xi Jinping pada Kim Jong Un di 73 Tahun Korea Utara: Sebagai Kawan dan Teman, China Ikut Senang

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 09 September 2021, 15:34 WIB
Pesan Xi Jinping pada Kim Jong Un di 73 Tahun Korea Utara: Sebagai Kawan dan Teman,  China Ikut Senang
Kim Jong-un melambaikan tangan kepada rakyatnya dalam perayaan hari jadi Korea Utara Kamis 9 September 2021/Net
Hari jadi Korea Utara ke-73 turut disambut bahagia oleh  China.  Secara khusus, Presiden Xi Jinpingg  menyampaikan ucapan selamat kepada Pemimpin Tertinggi Korut sekaligus sekretaris jenderal Partai Pekerja Korea (WPK) Kim Jong Un.

Dalam pesan ucapan selamatnya, Xi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China, mencatat bahwa selama 73 tahun terakhir sejak pendirian Negara Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), WPK telah menyatukan dan memimpin rakyat Korut untuk melakukan upaya tanpa henti dan mencapai keberhasilan besar dalam memajukan tujuan sosialis.

“Sebagai kawan dan teman, China dengan tulus senang akan hal itu,” kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (9/9).

Persahabatan tradisional antara China dan Korut, yang terus tumbuh lebih kuat dari waktu ke waktu, adalah harta berharga yang dibagikan oleh kedua belah pihak.

Persabahatan itu diperkaya dengan terjaganya komunikasi yang erat antara dua pemimpin negara dalam beberapa waktu terakhir.

Kepada Kim, Xi mengatakan bahwa dirinya siap untuk bekerja bersama mempromosikan hubungan persahabatan dan kerjasama bilateral untuk pembangunan yang stabil dan berkelanjutan serta mengangkat hubungan ke tingkat yang lebih tinggi, sehingga dapat menciptakan lebih banyak manfaat manfaat bagi kedua negara dan rakyatnya.

Perayaan hari jadi Korut tahun ini sedikit berbeda, dengan absennya rudal balistik dalam parade militer yang digelar Rabu malam waktu setempat. Bahkan, Kim tidak memberikan pidato kenegaraan dalam perayaan tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA