Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gedung Putih Puji Sikap Profesional Taliban karena Izinkan Warga AS dan Sipil Tinggalkan Kabul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 10 September 2021, 13:34 WIB
Gedung Putih Puji Sikap Profesional Taliban karena Izinkan Warga AS dan Sipil Tinggalkan Kabul
Pejuang Taliban berjalan melalui landasan setelah pesawat Qatar Airways lepas landas dari bandara di Kabul pada 9 September 2021/Net
rmol news logo Kesediaan Taliban untuk mengizinkan warga AS dan penduduk Afghanistan yang ingin keluar dari Kabul mendapat pujian dari Gedung Putih.

Mereka  menilai keputusan yang diambil Taliban sebagai sesuatu yang profesional dan kooperatif.

Dalam keputusan terbarunya, Taliban telah bekerja sama dalam memfasilitasi keberangkatan warga negara Amerika dan penduduk tetap yang sah dengan penerbangan charter dari Bandara Internasional Hamid Karzai pada Kamis (9/9) waktu setempat.

"Mereka telah menunjukkan sikap fleksibilitas dan  profesional dalam upaya ini. Ini adalah langkah pertama yang positif,” kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Emily Horne, seperti dikutip dari Reuters.

Tak hanya Gedung Putih, pujian untuk Taliban kemudian datang juga dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

“Tim kami di Doha serta Perwakilan Khusus Zalmay Khalilzad telah melakukan kontak rutin dengan para pejabat Taliban dalam beberapa hari terakhir, dan kami telah menekankan bahwa langkah-langkah tambahan seperti ini akan dilihat secara positif oleh komunitas internasional,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Sebuah penerbangan dengan hampir 200 penumpang, termasuk warga AS dan Inggris serta warga Afghanistan yang berisiko, mendarat di Doha Kamis malam setelah sebelumnya dihalangi oleh Taliban.

Selain memuji Taliban Gedung Putih juga berterima kasih kepada Qatar karena membantu memfasilitasi keselamatan penerbangan charter. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA