Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dibuka Dubes Tavares, Batik Indonesia akan Hiasi Museum Moskow Sebulan Penuh

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 10 September 2021, 16:51 WIB
Dibuka Dubes Tavares, Batik Indonesia akan Hiasi Museum Moskow Sebulan Penuh
Dubes RI untuk Moskow, Jose Tavares menyampaikan sambutan saat meresmikan pembukaan Pameran Pesona Batik Indonesia/Ist
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow menggelar pameran batik bertema "Pesona Batik Indonesia" selama 3 September 2021 hingga 3 Oktober 2021 di Museum All-Russian Decorative Art, Moskow.

“Batik Indonesia memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kain atau industri tekstil manapun di dunia dan menjadi bagian dari identitas bangsa Indonesia," tegas Dutabesar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/9).

Batik Indonesia diakuinya mengandung keragaman nilai-nilai seni, alam, spiritual, serta keluhuran budaya berbagai suku di Indonesia yang diwariskan lintas generasi. Warisan ini lantas dituangkan dalam beragam motif dan simbol.

"Keistimewaan ini yang turut mendasari UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai masterpiece of oral and intangible heritage of humanity sejak 2 Oktober 2009," tambah Dubes Tavares.

Di sisi lain, Direktur Museum All-Russian Decorative Art Moskow, Elena Titova mengaku bangga atas dipilihnya museumnya untuk menampilkan koleksi aneka kain batik Indonesia yang menawan.

“Pameran batik ini kiranya dapat menjadi langkah awal kerja sama berkelanjutan antara KBRI Moskow dan Museum All-Russian Decorative Art untuk menampilkan kekayaan dan keindahan seni dekoratif dan kerajinan rakyat Indonesia kepada para pecinta seni di Rusia," ujar Direktur Elena.

Malam resepsi pembukaan dimeriahkan dengan penampilan Tari Batik oleh penari warga Rusia dan warga Indonesia, anggota sanggar tari binaan KBRI Moskow Kirana Nusantara Dance (KND). Para tamu undangan juga disuguhi aneka kue jajanan pasar khas Indonesia.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA