Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dua Dekade 9/11, George W. Bush: Ancaman Ekstremisme di Dalam Negeri Sama Busuknya dengan di Luar Negeri

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 12 September 2021, 06:20 WIB
Dua Dekade 9/11, George W. Bush: Ancaman Ekstremisme di Dalam Negeri Sama Busuknya dengan di Luar Negeri
Mantan Presiden AS George W. Bush saat memberikan pidato peringatan 20 tahun peristiwa teror 11 September/Net
Peringatan 20 tahun serangan teroris 9/11 digunakan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush untuk memberikan imbauan terkait ancaman ekstremisme di dalam negeri.

Hal itu disampaikan Bush ketika menghadiri upacara di situs peringatan 9/11 di Shanksville, Pennsylvania pada Sabtu (11/9). Dua dekade lalu, pesawat United Airlines dengan kode penerbangan 93 jatuh.

"Bukti yang berkembang menunjukkan, ancaman bagi AS bisa datang tidak hanya melintasi perbatasan, tetapi dari kekerasan yang berkumpul di dalam," kata pemimpin yang mencetuskan "Perang Melawan Teror" 20 tahun lalu ini.

Bush mengatakan, terdapat kelompok-kelompok yang tidak sepakat mengenai pluralisme, sehingga mereka berusaha mencemarkan simbol nasional.

"Ada sedikit tumpang tindih budaya antara ekstremis kekerasan di luar negeri dan ekstremis kekerasan di dalam negeri... Mereka adalah bagian dari semangat busuk yang sama," tambahnya, seperti dikutip Axios.

Banyak pihak menyebut pernyataan Bush ditujukan pada kerusuhan yang terjadi di Capitol Hill pada 6 Januari lalu. Ketika itu, para pendukung Donald Trump menyerang Capitol Hill dan memicu kerusuhan yang menyebabkan korban jiwa, terluka, dan kerusakan materi.

"Ketika menyangkut persatuan Amerika, hari-hari itu tampak jauh dari kita sendiri. Kekuatan jahat tampaknya bekerja dalam kehidupan kita bersama," pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA